Malas Olahraga? Coba Cara Ini Agar Termotivasi Konsistenlah dalam berolahraga agar mendapatkan hasil (Foto: Pexels/Victor Freitas)

RUTIN berolahraga bukan perkara mudah. Awalnya kamu semangat. Tapi setelah beberapa minggu bahkan beberapa hari saja semangat olahraga langsung ciut. Sulit rasanya untuk mengatasi rasa malas. Atau kamu merasa tidak ada perubahan dari olahraga yang kamu lakukan. Terutama jika kamu sedang diet.

Jangan menyerah di awal. Kamu harus konsisten berolahraga agar tubuh kamu bugar dan sehat. Untuk membangkitkan motivasi berolahraga, kamu bisa mengikuti cara dari laman askmen ini.

1. Dengarkan musik

Mendengarkan musik dapat mengalihkan perhatian (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Musik ialah 'temannya' olahraga. Dengan mendengarkan musik daya tahan saat berolahraga akan meningkat sebanyak 15%. Selain itu, musik bisa menjadi pengalih perhatian saat kamu merasa lelah karena berolahraga. Osey Greenwell, seorang instruktur di Barry's Bootcamp, mengatakan ketika kehilangan semangat berolahraga segeralah membuat playlist baru di alat pemutar musik kamu.

2. Cobalah konsisten

Jadikan olahraga sebagai rutinitas (Foto: Pexels/Pixabay)

Kamu harus benar-benar memiliki jadwal rutin dan pasti untuk berolahraga. Cobalah konsisten untuk melakukan aktivitas yang menyehatkan ini. Ketika kamu telah terbiasa berolahraga kamu akan merasakannya sebagai rutinitas yang tidak boleh terlewatkan. Ada yang hilang rasanya ketika kamu tidak berolahraga walaupun hanya sehari saja. Tidak mengapa jika kamu berolahraga lebih sebentar dari biasanya. Lebih baik berolahraga 10 menit daripada tidak berolahraga sama sekali.

3. Buat target, tapi realistis

Buatlah target yang realistis. (Foto: Pexels/Breakingpic)

Kesalahan setiap orang ialah memiliki target olahraga namun tidak realistis. Misalnya targetnya ialah menurunkan berat badan 10 kg dalam satu minggu. Tentu saja hal tersebut mustahil. Daripada memiliki target olahraga yang muluk-muluk, cukup punya target bahwa kamu akan konsisten berolahraga tiga kali dalam seminggu.

4. Jauhkan ponsel

Bukannya fokus kamu akan sibuk mengecek media sosial (Foto: Pexels/Tyler Lastovich)

Benda yang satu ini bisa membuat kamu malas berolahraga. Alih-alih fokus berolahraga, kamu malah akan sibuk membalas chat, mengecek media sosial atau menonton video streaming melalui ponsel. Jauhkan ponsel kamu jika ingin berhasil mengolah tubuh kamu hari ini dan seterusnya. Cukup pergunakan ponsel untuk mendengarkan musik saat jogging atau pergi ke gym.

5. Ajak teman

Berolahraga bersama teman lebih asyik (Foto: Pexels/Pixabay)

Jangan lakukan olahraga sendirian, ajak teman atau anggota keluarga. Dalam sebuah studi universitas yang dikutip dalam Journal of Consulting and Clinical Psychology, mereka yang mengajak tiga teman atau anggota keluarga saat berolahraga memiliki hasil lebih baik dalam menurunkan berat badan. Artinya kamu akan lebih semangat. (ikh)

Baca juga: Olahraga Lebih Mudah Sambil Mendengarkan Musik?

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH