Malang, Labuan Bajo dan Sumba Jadi Daerah Wisata Paling Populer Versi Google Indonesia Pelabuhan di Labuan Bajo, Flores, NTT. (Foto: MP/Dery Ridwansah)

BELUM lama ini Google Indonesia merilis daerah wisata yang paling populer berdasarkan trend pencarian di Google Search. Hasilnya Malang, Labuan Baju dan Sumba berada di urutan tiga teratas dengan mengalami pertumbuhan paling cepat di Indonesia.

"Kota-kota sekunder sedang populer di laman pencarian," kata Manajer Industri Google Indonesia, Zulfi Rahardian, Selasa (9/10).

Berdasarkan periode Januari 2017 hingga Juli 2018, Google Indonesia menemukan pencarian wisata di kota-kota sekunder tumbuh menjadi 48 persen. Berbeda dengan kota-kota utama yang hanya tumbuh 18 persen di periode sama.

Labuan Bajo jadi salah satu lokasi paling favorit (Foto: Flores Tourism)
Labuan Bajo jadi salah satu lokasi paling favorit (Foto: Flores Tourism)

Dari data tersebut, Malang banyak menghadirkan atraksi wisata selama kurun waktu dua tahun. Selain itu letak Malang yang strategis membuatnya mudah dijangkau penduduk Jawa Timur untuk berlibur.

"Di Batu, Malang, banyak tempat wisata, cuaca juga lebih dingin," kata Wakil Direktur Pemasaran Traveloka, Kurnia Rosyada.

Sementara Labuan Bajo terkenal karena keindahan alamnya. Apalagi di sana terdapat reptil raksasa Komodo yang tak bisa ditemukan di belahan dunia manapun. Warganet biasa mencari keyword Hotel Labuan Bajo, Komodo, Labuan Bajo Flores dan Labuan Bajo Wisata di mesin pencari Google Search.

Omah Kayu, tempat wisata Malang. (Instagram/thisisinstagram)
Omah Kayu, tempat wisata Malang. (Foto: instagram@thisisinstagram)

Tak jauh berbeda dengan Labuan Bajo, Sumba yang juga berada di NTT menjadi buruan para pelancong. Di mesin pencarian Google Search keyword tiket ke Sumba, Sumba Barat dan Sumba Timur paling populer.

Dampak penobatan Hotel Nihiwatu di Sumba sebagai salah satu hotel terbaik di dunia juga mempengarungi pencarian di Google Search. Warganet pun berbondong-bondong ingin melihat resort tersebut melalui internet. (yani)

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH