Malam Takbiran, Umat Muslim Papua Tak Gelar Pawai Ketua MUI Provinsi Papua KH Saiful Islam Al Payage (Foto: Antaranews)

MerahPutih.Com - Umat Muslim di Papua mengawali perayaan Idul Fitri 1440 Hijriyah dengan takbiran bersama. Menyambut hari besar tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua KH Syaiful Islam Al Payage menyarankan para jamaah untuk takbiran di masjid di lingkungan masing-masing.

"Berkaitan dengan malam jelang Idul Fitri, memang umat Islam sangat disunahkan atau dianjurkan melakukan takbiran untuk membesarkan nama Allah," kata Ustaz Al Payage, ketika dihubungi di Kota Jayapura, Papua, Selasa (4/6).

Lebih lanjut, Ketua MUI Papua itu menganjurkan untuk tidak melakukan pawai namun tetap takbiran di lingkungan masjid.

"Jadi, setelah Salat Magrib dan Salat Isya, mereka sudah takbiran, dan khusus untuk Jayapura digelar di lingkungan masjid masing-masing," ujarnya menyarankan.

Kapolres Jayapura AKBP Gustav Urbinas
Kapolres Jayapura AKBP Gustav Urbinas menyatakan pihaknya siap mengamankan perayaan Idulfitri 1440 H di Jayapura (Foto: Antaranews)

Al Payage sapaan akrab dari KH Syaiful Islam Al Payage mengatakan, untuk Salat Id, ia akan menjadi khatib di Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura.

"Besok, saya akan jadi khatib di Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura. Berkaitan dengan perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah, saja ajak warga menjaga kerukunan antarsesama dan antarumat beragama," kata Ustaz Al Payage.

BACA JUGA: Amankan Malam Takbiran, Polda Metro Jaya Siagakan 5000 Personel

Tak Sempat Melayat, Begini Penilaian Wapres JK Terhadap Sosok Ani Yudhoyono

Secara terpisah, Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas sebagaimana dilansir Antara mengatakan pihaknya akan menggelar patroli jelang perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Tentunya kami akan gelar patroli yang masuk dalam Operasi Ketupat Matoa 2019, terutama menjaga dan mengamankan umat muslim yang beribadah dan Shalat Ied," tutup AKBP Gustav Urbinas.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH