Malam Tahun Baru, Seluruh Objek Wisata di Yogyakarta Tutup Jam 18.00 WIB

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 31 Desember 2020
Malam Tahun Baru, Seluruh Objek Wisata di Yogyakarta Tutup Jam 18.00 WIB
Cara pemkot Jogja mencegah penyebaran virus Corona di malam Tahun Baru. (Foto: Unsplash/Angga Kurniawan)

SELURUH objek wisata di wilayah Daerah Yogyakarta wajib berhenti beroperasi pada pukul 18.00 WIB pada Kamis 31 Desember 2020. Kebijakan ini dikeluarkan oleh Pemda DIY untuk mencegah kerumunan massa yang dapat menjadi media penularan COVID-19 pada malam pergantian tahun baru 2021.

Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum Satuan Tugas Penanganan COVID-19 DIY Noviar Rahmad menjelaskan Gubernur DIY sudah mengeluarkan surat edaran pengaturan buka tutup jam operational seluruh destinasi wisata.

Baca juga:

Tugu Corona Jadi Daya Tarik Wisata Pekanbaru

"Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten agar melakukan penutupan di pintu gerbang masuk objek wisata, sehingga pukul 18.00 WIB sudah tidak ada wisatawan yang masuk lokasi," tegas Noviar di Yogyakarta, Rabu (30/12).

Menurut dia, kebijakan penutupan operasional destinasi wisata tersebut merupakan hasil rapat koordinasi Polda DIY dengan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 DIY dan Satgas lima kabupaten/kota.

Seluruh destinasi wisata di Yogyakarta dilarang beroperasi lewat pukul 18.00 WIB di akhir tahun. (Foto: Instagram/pemkotjogja)
Seluruh destinasi wisata di Yogyakarta dilarang beroperasi lewat pukul 18.00 WIB di akhir tahun. (Foto: Instagram/pemkotjogja)

Penutupan operasional pada malam pergantian tahun itu akan dilakukan di 30 destinasi wisata, baik pantai maupun jenis destinasi lain yang tersebar di Kabupaten Bantul, Kulon Progo, Sleman, dan Gunung Kidul.

"Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki sikap berbeda, yakni tetap membuka operasional destinasi wisata dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Noviar yang juga Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP DIY.

Baca juga:

5 Destinasi yang Naik Daun di Masa Pandemi

Menurut Noviar, pada malam tahun baru, personel Satpol PP bersama TNI/Polri akan berjaga di pintu gerbang seluruh destinasi wisata untuk memastikan tidak ada perayaan tahun baru atau kegiatan apapun yang digelar warga atau wisatawan.

Destinasi wisata yang berpotensi paling banyak didatangi pengunjung pada malam tahun baru, menurut dia, di antaranya Pantai Parangtritis, Kaliurang, serta destinasi wisata di sepanjang pantai Kabupaten Gunung Kidul.

Keputusan ini guna mencegah penyebaran virus Corona. (Foto: Instagram/pemkotjogja)
Keputusan ini guna mencegah penyebaran virus Corona. (Foto: Instagram/pemkotjogja)

"Kalau ada yang mau masuk destinasi kita suruh putar balik, tidak diperkenankan masuk. Itu sudah kami instruksikan kepada teman-teman di lapangan pada malam pergantian tahun," kata dia.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau warga DIY untuk tidak berpergian dan membatasi mobilitas saat malam pergantian tahun baru. Sebaliknya raja Yogyakarta ini meminta warga melakukan laku prihatin dan berefleksi bersama.

"Mari kita perkuat tepo seliro seraya memanjatkan doa dan harapan agar 2021 jadi tahun kebangkitan bersama kita," tegas Sultan HB X. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca juga:

Menjajal Jalan-Jalan Virtual 360 Kota Yogyakarta

#Wisata #Wisata Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan