Malam Ramadan ala Indonesia Undang Decak Kagum Publik Mesir

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 29 Mei 2018
Malam Ramadan ala Indonesia Undang Decak Kagum Publik Mesir
salah satu acara di Indonesia's Ramadan Cultural Night (KBRI Kairo)

Merahputih.com - KBRI Mesir menggelar festival budaya Indonesia menyambut bulan suci Ramadhan 2018 di "Small Hall Cairo Opera House", Mesir. Tim kesenian dari Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) mengundang decak kagum publik Mesir yang memenuhi Small Hall Cairo Opera House, dalam acara Indonesia's Ramadan Cultural Night.

"Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi masyarakat Indonesia, dan pada bulan ini biasanya dimeriahkan oleh berbagai festival dan perayaan. Malam ini kami ingin menampilkan sebagian dari budaya Indonesia di bulan Ramadhan kepada masyarakat Mesir," ujar Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy dalam keterangan tertulis, Senin (28/5).

Tampilan tim KSBN terdiri atas sejumlah tarian, yaitu Tari Indang Din Din Badindin, Tari Enggang, Tari Gong, Tari Srikandi Senopati, serta Tari Kembang Setaman. Acara digelar sabtu (26/5). Acara juga dimeriahkan salah satu penyanyi keroncong terbaik Indonesia, Indra Ari Utami, serta penyanyi muda Diah Ayu Lestari.

Selain itu, ditampilkan pula peragaan busana koleksi Batik Mega Mendung karya desainer Lindy Ann Umarhadi. Di samping dihibur oleh penampilan di panggung, para pengunjung Cairo Opera House juga berkesempatan mencicipi jajanan khas Indonesia, seperti martabak manis dan kue dadar gulung, yang dibagikan secara gratis oleh KBRI Cairo.

Salah satu kesenian tari yang ditampilkan tim kesenian dari Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) (KBRI Kairo)

Kerja sama antara KSBN dengan KBRI Cairo dalam mempromosikan seni budaya Indonesia di Mesir bukan untuk pertama kali dilakukan. Pada bulan April 2018, KSBN juga mengirimkan tim dari Aceh ke Mesir untuk mengikuti festival di Damanhour. Kerja sama tersebut selaras dengan misi KSBN untuk menjaga, melestarikan, dan mempromosikan budaya Indonesia ke berbagai negara.

"Ke depan kami akan mengirimkan kesenian-kesenian dari daerah lainnya di Indonesia," ujar Ketua Umum KSBN Hendardji Soepandji, yang turut mendampingi tim dalam kunjungannya ke Mesir seperti dikutip Antara.

Setelah tampil di Cairo, tim KSBN juga akan tampil dalam Indonesia's Ramadan Cultural Night di gedung Opera Sayed Darwish di kota Alexandria, pada Senin (28/5) pukul 21.00 waktu setempat. Konsep acara di kota terbesar kedua di Mesir itu akan sedikit berbeda, karena juga akan diwarnai dengan penampilan tarian dari tim kesenian mahasiswa Indonesia di Mesir. (*)

#KBRI
Bagikan
Bagikan