Film

Malam Pembukaan BAFTA Film Awards 2021: 'Ma Rainey' Bersinar dan Tribut untuk Pangeran Philip

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Minggu, 11 April 2021
Malam Pembukaan BAFTA Film Awards 2021: 'Ma Rainey' Bersinar dan Tribut untuk Pangeran Philip
Pembawa acara hari pertama Clara Amfo memberi penghormatan kepada Pangeran Philip. (standard.co.uk)

Ma Rainey’s Black Bottom, sebuah film drama jazz berlatar tahun 1920-an di Chicago, memenangkan dua penghargaan pada pembukaan BAFTA, hari Sabtu (10/4). Namun, perlombaan untuk memperebutkan "hadiah utama" tetap terbuka dengan daftar pesaing mewakili keragaman genre.

Baca juga: Sama-Sama Diundur ke 2021, BAFTA akan Digelar Berdekatan dengan Oscar

Malam penghargaan The British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) diadakan dua malam karena pandemi COVID-19 dan mencegah pertunjukan dipenuhi selebriti dengan kontak penonton langsung.

Pembukaan hari pertama berfokus pada sisi crafting dari pembuatan film, dengan menampilkan sembilan penghargaan. Ma Rainey, dibintangi Viola Davis dan mendiang Chadwick Boseman, menang pada kategori desain kostum, tata rias, dan rambut. Sementara, film sejarah Hollywood, Mank memenangkan kategori desain produksi.

BAFTA 2021
Ma Rainey’s Black Bottom memenangkan dua penghargaan pada pembukaan BAFTA. (variety.com)

Hadiah lainnya jatuh pada kisah coming-of-age, Rocks, thriller Tenet dan Sound of Metal, film tentang seorang drummer di kemudian hari menjadi tuli. Aktor Noel Clarke menerima penghargaan Outstanding British Contribution to Cinema pada film tersebut.

Hadiah utama akan diumumkan pada hari Minggu (11/4), saat sutradara Ang Lee akan menerima BAFTA Fellowship. Drama resesi Amerika Nomadland dan Rocks telah memimpin nominasi dengan masing-masing beroleh tujuh nominasi.

Pemenang malam pertama BAFTA Film Awards 2021:

Casting - Rocks
Costume design - Ma Rainey's Black Bottom
Make-up and hair - Ma Rainey's Black Bottom
Production design - Mank
Sound - Sound of Metal
Special visual effects - Tenet
British short film - The Present
British short animation - The Owl and the Pussycat

Tribut Mendiang Pangeran Philip

Pangeran William Duke of Cambridge sedianya akan tampil di segmen nan telah direkam sebelumnya, tetapi batal ditayangkan setelah kematian kakeknya, Pangeran Philip Duke of Edinburgh. Pembawa acara hari pertama Clara Amfo memberi penghormatan kepada Pangeran Philip, merupakan presiden pertama BAFTA dari 1959-1966.

Pada hari malam kedua, Minggu (11/4), diberikan beberapa nominasi, termasuk film terbaik, sutradara, skenario dan film animasi akan dibagikan, serta penghargaan akting.

BAFTA 2021
Pangeran Philip merupakan presiden pertama BAFTA dari 1959-1966. (yimg.com)

Semua nominasi akan tampil dari jarak jauh pada hari Minggu, menampilkan para bintang termasuk Hugh Grant, Tom Hiddleston, Priyanka Chopra Jonas, dan Phoebe Dynevor akan berada di venue London untuk mengumumkan pemenang.

Mereka akan bergabung dengan sesama pemberi penghargaan, seperti Chiwetel Ejiofor, Cynthia Erivo, Gugu Mbatha-Raw, Richard E Grant, Felicity Jones, Asim Chaudhry, James McAvoy, David Oyelowo, Pedro Pascal dan Jonathan Pryce.

Baca juga: Ucapan Belasungkawa untuk Mendiang Pangeran Philip

Rose Byrne, Andra Day, Anna Kendrick dan Renee Zellweger akan mengumumkan beberapa pemenang dari Los Angeles.

Upacara hari Minggu akan dipandu Edith Bowman dan Dermot O'Leary, serta akan disiarkan di BBC One mulai pukul 19.00-21.00 BST.

BAFTA tahun ini ditunda dua bulan karena pandemi, dan datang dua minggu sebelum musim penghargaan mencapai klimaksnya dengan Oscar.

Berbeda dengan BAFTA, penyelenggara Oscar ingin para nominasinya tampil secara langsung, dan akan memiliki tempat di London untuk pertama kalinya bagi pesaing terutama berbasis di Inggris. (aru)

Baca juga: Mengenang Mendiang Pangeran Philip, Duke of Edinburgh

#BAFTA TV Awards
Bagikan
Bagikan