Buku

Maksimalkan Keahlian Komunikasi lewat Buku Erwin Parengkuan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 06 Maret 2022
Maksimalkan Keahlian Komunikasi lewat Buku Erwin Parengkuan
Erwin Parengkuan merilis buku terbarunya, Understand-Inc People 2.0. (Foto: Instagram/@erwinparengkuan)

MENGENAL diri sendiri sekaligus mengetahui kelemahan dan keunggulannya, merupakan pondasi penting dalam hidup. Jika mampu melakukan ini, maka seseorang dapat memiliki kemampuan untuk memperkecil konflik, meringankan beban pikiran, menemukan solusi yang tepat, bahkan menjadi alat yang mampu membantu mencapai mimpi dan tujuan yang diinginkan dalam hidup.

Gagasan itu yang kemudian dikembangkan Erwin Parengkuan lewat buku terbarunya yang berjudul Understand-Inc People 2.0, Cara Menjadi Ambivert dengan Menavigasi 4 Tipe Kepribadian.

“Dengan pengalaman selama lebih dari 33 tahun di dunia komunikasi, saya yakin bahwa memahami kepribadian orang lain dan melihat bagaimana mereka bereaksi terhadap satu informasi menjadi ilmu inti dari semua profesi. Profesi apa pun yang akan dijalani, percayalah, mengenali kepribadian dan gaya komunikasi seseorang akan memudahkan dalam berhubungan dengan orang lain,” tutur Erwin seperti dilansir laman ANTARA Sabtu (5/3).

Baca juga:

Bukan Introvert Atau Ekstrovert, Ini Uniknya Karakter Ambivert

Tingkatkan Kualitas Pribadi lewat Buku Erwin Parengkuan
Ilustrasi komunikasi. (Foto: Pixabay/geralt)

Dalam buku tersebut, Erwin memperdalam pembagian empat kepribadian (Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis) yang digagas Hippocrates dengan menyusun sebuah instrumen penghubung antara kepribadian dengan gaya komunikasi.

Erwin mempelajari bahwa dengan memahami dua hal tersebut akan dapat memaksimalkan keahlian komunikasi seseorang. Instrumen ini kemudian ia namai GKRD: si Gesit, si Kuat, si Rinci, dan si Damai.

Si Gesit adalah seseorang dengan kepribadian Aggressive-Leader, jiwa yang penuh semangat. Si Kuat merupakan kepribadian Confident-Individual yang ditandai dengan rasa percaya diri yang sangat tinggi.

Sementara si Rinci berkepribadian Defensive-Thinking yang pemikir, senang mengolah ide dan gagasan, cenderung tertutup, dan lebih senang mengambil peran di balik layar. Terakhir, si Damai adalah Adaptive-Compromise yang biasanya selalu mengambil langkah kompromi dalam memecahkan masalah.

Baca juga:

Teknologi Digital Mengubah Ekosistem Komunikasi Publik

Tingkatkan Kualitas Pribadi lewat Buku Erwin Parengkuan
Understand-Inc People 2.0 akan membantu memaksimalkan komunikasi. (Foto: Instagram/@erwinparengkuan)

“Buku ini akan memandu pembaca untuk memiliki self-concept yang matang, terutama dalam menghadapi situasi yang kerap berubah begitu cepat dan menuntut kita untuk menjadi pribadi yang cepat beradaptasi,” tambah Erwin yang juga CEO serta pendiri institusi pelatihan komunikasi TALKINC.

“Apa yang saya sampaikan akan membantu untuk memahami pentingnya menjadi ambivert yang bisa menyeimbangkan semuanya, menyelaraskan self-image dan social image, serta meningkatkan kualitas pribadi dengan menambah kualifikasi survival skills yang akan bermanfaat sampai tua nanti,” jelas Erwin. (*)

Baca juga:

Komunikasi Memperkuat Hubungan Ayah-Anak

#Buku #Kepribadian
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan