Maksimalkan Dana CSR di Tengah Pandemi, Perusahaan Swasta dan BUMN Ini Diapresiasi Ilustrasi Corporate Social Responsibility (CSR). Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Pertumbungan ekonomi nasional di tahun kedua COVID-19 mengalami perbaikan. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, pertumbuhan ekonomi pada Kuartal II/2021 melonjak hingga 7,07 persen secara year-on-year.

Konsumsi rumah tangga dan investasi disebut memiliki andil besar dalam pertumbuhan ekonomi, yang berkontribusi 84,93 persen.

Baca Juga

Laznas BSMU Raih 2 Kategori Penghargaan di Top CSR Awards 2021

Cepatnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga di kalangan masyarakat juga tidak lepas dari upaya berbagai pihak untuk saling mendukung dalam menghadapi pandemi COVID-19. Seperti bantuan langsung tunai dan bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat tidak mampu.

INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia menyelenggarakan Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021 & Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, Special Achievement For Covid-19 Handling Activities; Vaccination Program. Foto: Istimewa

Selain itu juga diikuti oleh masifnya perusahaan swasta dan BUMN untuk memaksimalkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki untuk memberikan bantuan seluas-luasnya kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap aktivitas CSR perusahaan di Indonesia, INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia menyelenggarakan Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021 & Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, Special Achievement For Covid-19 Handling Activities; Vaccination Program.

"Penghargaan Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021 diberikan berdasarkan hasil riset Top CSR Index yang diselenggarakan pada bulan April-Juli 2021, terhadap lebih dari 300 perusahaan ter-riset di Indonesia." kata CEO TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (19/8).

Riset dilakukan dengan menggunakan metode Desk Research yang mengacu pada data rilis publikasi perusahaan, menggunakan tiga parameter penilaian, yaitu: CSR Concept, CSR Impact, dan CSR Donation Value.

Selanjutnya, Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, Special Achievement For COVID-19 Handling Activities; Vaccination Program, diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah berhasil memenuhi tiga kriteria penilaian, yaitu; telah mempublikasikan kegiatan CSR-nya, telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 dengan akumulasi vaksin 1.000 peserta atau lebih, dan masuk kedalam Top 50 perusahaan berdasarkan penilaian.

Baca Juga

Mengoptimalkan Dana CSR untuk Kepentingan Masyarakat

Adapun bentuk kegiatan CSR yang dilakukan dari 100 pemenang Top CSR of The Year meliputi; alat pelindung diri (13,50 persen), bantuan bangunan dan sarana ibadah (11,66 persen), pemulihan lingkungan dan bencana alam (9,82 persen), paket sembako (9,82 persen), bantuan mobil ambulance (7,36 persen), pembagunan infrastruktur/fasilitas umum (6,75 persen), kendaraan operasional (6,13 persen), bantuan sarana pendidikan (4,29 persen). Dan masih banyak lagi.

Dari riset yang dilakukan, untuk TOP 100 Corporate Social Responsibility OF THE YEAR 2021, terdapat 24 Perusahaan Terbuka (Termasuk 7 Perusahaan BUMN Terbuka & 2 Perusahaan BUMD Terbuka), 26 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), 44 Perusahaan Swasta (Non Emiten), dan 15 Badan Usaha Milik Daerah. Dan untuk TOP 50 Corporate Social Responsibility of The Year 2021, Special Achievement COVID-19 Handling Activities, berupa kegiatan vaksinasi, sebagai pemenang, setidaknya ada 19 Perusahaan Terbuka (Termasuk 3 Perusahaan BUMN Terbuka ), 7 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), 23 Perusahaan Swasta, dan 4 Badan Usaha Milik Daerah.

Selanjutnya, adapun perusahaan peraih Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021; antara lain PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT SiCepat Ekspress, PT Adaro Energy Tbk, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), PT Sharp Electronics Indonesia, PT Hutama Karya (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Bussan Auto Finance (BAF).

PT Telkom

Yang terakhir ada PT Bank DBS Indonesia, PT Bank Pembangunan Daerah Bali (Bank BPD Bali), PT PLN (Persero). Dan peraih Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, Special Achievement For Covid-19 Handling Activities; Vaccination Program adalah PT Marketama Indah (ENESIS Group), PT MRT Jakarta, dan PT Timah Tbk.

“Selain perusahaan tersebut, masih ada 134 perusahaan lainnya yang berhak memperoleh penghargaan tersebut," (*)

Baca Juga

Menggelar Maulid Nabi Muhammad, JSI Resort Gelar CSR Bersama 200 Orang Anak Asuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bentak ASN Wyata Bandung karena Lelet, Risma: Mau Tak Tendang Apa
Indonesia
Bentak ASN Wyata Bandung karena Lelet, Risma: Mau Tak Tendang Apa

"Ini lagi bapak, ngapain aku disiapin musik segala, mau tak tendang apa. Emang aku kesenengan apa ke sini," bentak Risma,

Token ASIX Milik Anang Ilegal Diperdagangkan di  Exchange Indonesia
Indonesia
Token ASIX Milik Anang Ilegal Diperdagangkan di  Exchange Indonesia

Ada 13 Exchange lokal yang diakui resmi Pemerintah Indonesia

Legislator Minta PPKM Darurat Jangan Susahkan Rakyat Kecil
Indonesia
Legislator Minta PPKM Darurat Jangan Susahkan Rakyat Kecil

Kebijakan PPKM yang sudah tepat ini jangan sampai membuat rakyat kecil susah.

Gerindra Komentari Kebersamaan Jokowi dan Anies di Sirkuit Formula E
Indonesia
Gerindra Komentari Kebersamaan Jokowi dan Anies di Sirkuit Formula E

Momen langka terjadi pada Senin (25/4), kemarin. Untuk pertama kalinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau langsung progres pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara.

Kejagung Ungkap Barang Impor Dilabeli Produk Lokal, dari Garam hingga Alat Kesehatan
Indonesia
Kejagung Ungkap Barang Impor Dilabeli Produk Lokal, dari Garam hingga Alat Kesehatan

Kejaksaan Agung menemukan barang impor dengan label produk dalam negeri.

Apindo Gugat Anies ke PTUN soal UMP DKI 2022, Riza Sebut Hal Biasa
Indonesia
Apindo Gugat Anies ke PTUN soal UMP DKI 2022, Riza Sebut Hal Biasa

Gugatan ini didaftarkan pada nomor perkara 11/G/2022/PTUN.JKT tertanggal 13 Januari 2022

Eks Pejabat Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno Divonis 8 Tahun Penjara
Indonesia
SBY Bakal Hadiri Pemakaman Sudi Silalahi di TMP Kalibata
Indonesia
SBY Bakal Hadiri Pemakaman Sudi Silalahi di TMP Kalibata

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal menghadiri prosesi pemakaman almarhum Sudi Silalahi di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (26/10), siang.

Menkominfo dan Dewan Pers Bahas Regulasi Hak Penerbit
Indonesia
Menkominfo dan Dewan Pers Bahas Regulasi Hak Penerbit

Dalam pertemuan itu, Menkominfo Johnny G. Plate mengajak semua pihak untuk meningkatkan kerja sama penyiapan regulasi hak penerbit untuk menghadirkan konvergensi industri media di Indonesia.