Maksimalkan Akhir Pekan Kamu, Hentikan Aktivitas Rutin Akhir pekan waktunya untuk memanjakan diri. (Foto: Pexels/Riccardo Bresciani)

APAKAH kamu menghabiskan waktu akhir pekan dengan melakukan tugas rumah tangga atau mengerjakan banyak hal? Dalam seminggu, kita telah melakukan aktivitas berintensitas tinggi selama lima hari. Untuk itu kita harus bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk relaksasi dan mengistirahatkan anggota tubuh. Jika kau masih melakukan banyak pekerjaan di akhir pekan, berikut langkah yang harus dilakukan supaya akhir pekan efektif:

Maksimalkan Hari Kerja

kerja
Maksimalkan semua pekerjaan di hari kerja. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Pikirkan akhir pekan sebagai waktu untuk menghentikan semua aktivitas. “Selesaikan semua tugas dan tanggung jawab dalam lima hari,” tutur penulis The Weekend Effect, Katrina Onstad.

Habiskan waktu kerja untuk membayar tagihan, mencuci pakaian, membersihkan kamar mandi, atau memotong rumput. “Dibutuhkan penyesuaian untuk melakukan minimal satu pekerjaan rumah setiap hari,” ucapnya.

Lakukan dengan Cara Menyenangkan

bersih-bersih
Bila melakukan pekerjaan rumah di akhir pekan, lakukan dengan hati senang. (Foto: Pixabay/pascalhelmer)

Jika kamu tak bisa menghindari pekerjaan rumah tangga saat akhir pekan, lakukanlah dengan hati yang riang. Misalnya, mengkombinasikan gerakan menyapu dan mengepel rumah dan gerakan olahraga ringan, memasak sembari mendengarkan lagu, atau mencuci pakaian sembari bersenandung. Dengan demikian pekerjaan pun tak akan terasa berat. “Semakin banyak kita melakukan aktivitas dengan menyenangkan semakin baik mood kita di hari Senin,” ujar Onstad.

Prioritaskan Diri

olahraga
Jagalah kesehatan dengan berolahraga. (Foto: Pexels/Philip Ackermann)

Kesehatan nomor satu. Luangkan waktu untuk kesehatan fisik. Pakar gaya hidup, Julie Morgenstern menjelaskan memprioritaskan diri kala liburan membuat tubuh lebih segar dan bersemangat di hari Senin. “Jaga dirimu dengan istirahat yang cukup, olahraga, mengonsumsi makanan sehat dan pijat,” urainya. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan akhir pekan untuk menggeluti hobi atau menghabiskan waktu dengan orang-orang terkasih.

Disiplin Waktu

waktu
Disiplinlah dengan waktu yang sudah dibuat. (Foto: Pixabay/geralt)

Buatlah batasan-batasan waktu secara disiplin. Tegaskan diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, kita bisa melakukan pekerjaan kantor pada jam kerja, melakukan pekerjaan rumah tangga di Jumat malam atau Sabtu pagi. Selebihnya biarkan dirimu menikmati akhir pekan tanpa interupsi pekerjaan apapun. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH