Makna di Balik Jersey Anyar Barcelona yang Banyak Tuai Protes Pengenalan Jersey Barcelona (Twitter Barcelona)

MerahPutih.com - Barcelona akhirnya resmi merilis jersey anyar untuk mengarungi musim 2019-2020. Meski banyak mendapatkan kritik, namun jersey tersebut punya arti khusus.

Sebelumnya, Barcelona identik dengan jersey berpola garis memanjang ke bawah. Jersey tersebut menggunakan warna merah dan biru.

Akan tetapi, pada musim ini Barcelona mengambil jalan yang berbeda. Nantinya, Lionel Messi dan kawan-kawan akan menggunakan jersey bermotif checkerboard atau kotak-kotak.

Pengenalan Jersey Barcelona (Twitter Barcelona)
Pengenalan Jersey Barcelona (Twitter Barcelona)

Baca Juga:

Neymar Dilaporkan Perkosa Seorang Wanita di Paris

Tak pelak, jersey tersebut banyak mengundang protes. Barcelona dinilai telah menghilangkan identitas tim. Jersey El Barca dianggap mirip dengan milik tim nasional Kroasia. Bedanya, timnas Kroasia berwarna merah dan putih.

Meski begitu, jersey anyar Barcelona bukan tanpa makna. Pada edisi kali ini, El Barca mengambil inspirasi dari daerah terkenal di Barcelona, Eixample, yang seluruh wilayahnya berisi gedung-gedung dengan bentu persegi. Bangunan-bangunan itu merupakan karya arsitek terkenal, Antoni Gaudi.

Selain bentuk pola yang berubah, jersey Barcelona juga mengusung hal yang berbeda soal penempatan bendera Catalan. Sebelumnya, bendera Catalan ditempatkan pada bagian belakang leher. Kini, bendera tersebut berada di depan.

Selain tim pria, tim wanita Barcelona juga akan mengenakan seragam yang sama. Namun, pada bagian sponsor, Barcelona wanita tidak akan memakai Rakunten, melainkan Stanley. (bolaskor.com)

Baca Juga: Kemiripan antara Liverpool dan Inter Milan saat Juara Champions



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH