Makin Seru #DiRumahAja Sambil Nonton Konser Online via Platform Digital Maksimalkan waktu di rumah dengan menyaksikan para musisi konser secara online. (Foto: Aeseaes)

MEMASUKI minggu ketiga masa karantina, beberapa orang sudah mulai merasa bosan dan resah akibat minimnya akitivtas di rumah. Seiring berjalannya waktu, tagar #DiRumahAja tiada henti disuarakan. Ajakan untuk tetap di rumah semakin banyak melalui beberapa unggahan di akun media sosial.

Baca juga:

Digelar Online, 'Homefest James Corden's Late Late Show Special' Bertabur Bintang

Belakangan ini beberapa musisi menggelar konser online di berbagai macam platform. Tujuannya adalah untuk menghibur mereka yang tetap di rumah serta menggalang dana bagi garda terdepan terkait wabah virus Corona. Merangkum laman Los Angeles Time dan Aeseaes, berikut empat platform digital buat kamu yang kebingungan untuk mendapatkan akses konser online.

1. Stageit

Makin Seru #DiRumahAja Sambil Nonton Konser Online via Platform Digital
StageIt memungkinkan para penggemar untuk berdonasi. (Foto: AngelList)

Stageit merupakan tempat pertunjukan berbasis web yang berpusat di Hollywood, California. Para musisi melakukan siaran langsung melalui webcam dan dapat memilih durasi waktu tampil serta berapa banyak penggemar yang datang.

Para penggemar didorong untuk berinteraksi, request lagu, dan bahkan ngobrol bersama penggemar lain. Tidak sekadar menghibur, Stageit juga memungkinkan penggemar untuk berdonasi melalui musisi.

Namun, para penggemar terlebih dahulu membeli tiket pertunjukan. Setelah membeli tiket, mereka dapat bergabung dengan anggota lain yang menunggu waktu tayang dalam obrolan online.

2. Twitch.tv

Makin Seru #DiRumahAja Sambil Nonton Konser Online via Platform Digital
Twitch dikenal sebagai platform untuk streaming video game. (Foto: YouTube/DragonForce)

Platform ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para gamer yang sering menyaksikan live streaming pertandingan. Twitch adalah platform streaming yang berorientasi video dan kini berkembang untuk menawarkan konten tambahan, seperti musik, seni, cosplay, komedi, tarian, dan aliran IRL (In Real Life).

Twitch dianggap sebagai salah satu platform yang bisa mendapatkan banyak penonton. Sebelumnya, beberapa pertandingan Esports saja bisa menghadirkan seribu hingga 30 ribu penonton. Tidak menutup kemungkinan bahwa konser musik bisa mendatangkan khayalak lebih dari angka tersebut.

Baca juga:

Dari Vincent Rompies Sampai Project Pop, Lihat Yuk Kolaborasi Musik Para Artis di Instagram!

3. YouNow

Makin Seru #DiRumahAja Sambil Nonton Konser Online via Platform Digital
YouNow memiliki basis tampilan yang interaktif. (Foto: Evolver)

Mirip seperti Twitch, YouNow memiliki basis tampilan yang lebih interaktif. Kamu bisa menemukan para musisi dengan menggunakan tagar seperti #singing, #musicians, #girls dan #guys.

YouNow memiliki konsep seperti streaming webcam namun dikemas menjadi media sosial. Ada banyak fitur yang bisa kamu pilih, seperti kategori musisi, chatting, emoticon, donasi, hingga karaoke.

Pada 2019, popularitas YouNow sempat turun karena adanya Twitch dan platform lainnya. Namun di 2020, YouNow kembali naik sebagaimana banyak orang yang mencari hiburan dari rumah.

4. Periscope

Makin Seru #DiRumahAja Sambil Nonton Konser Online via Platform Digital
Periscope memungkinkan kamu untuk mencari para musisi dengan menggunakan tagar. (Foto: Technicultr)

Periscope merupakan aplikasi streaming video yang berbasis di Amerika Serikat dan dapat diunduh melalui perangkat Android maupun iOS. Platform ini dikembangkan oleh Kayvon Beykpour dan Joe Bernstein dan diakuisisi oleh Twitter sebelum diluncurkan pada 2015 silam.

Kamu bisa menyaksikan kembali konser hanya dalam 24 jam saja. Kamu juga bisa mencari para musisi dengan menggunakan tagar tertenu. Semakin bagus gawai, maka akan semakin bagus pula kualitas suara dan visual yang didapat. (And)

Baca juga:

5 'Challenge' Instagram Anti Mati Gaya saat #DiRumahAja



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH