Kecantikan

Makeup Cantik sesuai Bentuk Mata

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 28 November 2021
Makeup Cantik sesuai Bentuk Mata
Kenali matamu karena riasan mata yang tepat bergantung pada bentuk mata. (iStock/LightFieldStudios)

SEBELUM mempelajari teknik riasan terbaik untuk bentuk mata, kamu perlu tahu cara menentukan bentuk mata. Melissa Hurkman, seorang penata rias selebritas AS, mengatakan kamu perlu melihat lurus ke cermin yang ditempatkan sesuai tinggi mata untuk mengetahui hal ini.

"Saat melihat lurus ke depan, jika kamu tidak melihat lipatan sama sekali di antara garis bulu mata dan alis, ini dianggap sebagai monolid," katanya seperti diberitakan Real Simple.

"Jika ada lipatan dan menutupi sedikit kelopak mata di dekat garis bulu matamu, ini dianggap sebagai mata hooded," dia menjelaskan.

BACA JUGA:

Gaya Rambut Keren dan Berani untuk 2022

Untuk menentukan apakah kamu memiliki mata ke bawah atau ke atas, dia menyarankan kamu membayangkan garis lurus tak terlihat yang menghubungkan pupil, "Perhatikan di mana ujung matamu jika dibandingkan dengan 'garis' yang terhubung ke pupilmu."

Apakah garis pada sudut dan tingkat yang sama dengan pupil, atau lebih rendah?

"Jika sudut matamu lebih tinggi dari garis pupil, kamu memiliki mata yang terbalik," jelas Hurkman.

"Jika kamu memiliki sudut yang terhubung ke garis pupil, kamu memiliki mata almond. Sebaliknya, jika kamu memiliki mata yang berada di bawah garis pupil, kamu memiliki bentuk mata yang menurun," ujarnya.


1. Cara merias mata monolid/hooded

makeup mata
Mata monolid lebih tertutup, sedangkan hooded agak tetutup tapi dengan tulang alis menonjol. (idiva.com)


Bentuk mata ini dikenal memiliki sedikit atau tidak ada lipatan yang terlihat. Monolids memiliki lebih banyak ruang tutup, sedangkan bentuk hooded memiliki lebih sedikit ruang, tetapi tulang alis lebih menonjol.

Langkah pertama untuk riasan mata, sapukan bayangan terang di kelopak sebagai alas.
"Untuk monolid, saran terbaik saya adalah membuat eyeshadow saat mata terbuka dan melihat lurus ke depan," kata Hurkman, "Ini akan menunjukkan di mana lipatanmu dimulai dan berakhir, dan itu juga akan membantu ketika blending."

Oleskan warna medium yang mengilap dari garis bulu mata hingga ke tengah kelopak mata, tempat lipatan berada.

"Untuk membuat matamu tampak lebih besar dan lebih terbuka, gunakan concealer untuk memotong lipatan sedikit di atas lipatan alami," demikian saran Cara Lovello, seorang penata rias selebritas. Lakukan ini sebelum mengaplikasikan warna shimmery.

Selanjutnya, tentukan garis bulu mata atas dengan pensil gelap. Dengan menggunakan bayangan dengan warna yang sama, kamu dapat membaurkan garis pensil itu ke atas. Hurkman mengatakan, saat mengaplikasikan eyeliner pada mata mono atau hooded, terutama wing liner, pastikan kamu melihat lurus ke depan ke cermin untuk membantu Anda melihat di mana garis akan berada.

"Mulailah ujung sayap dengan mata terbuka dan mulailah dari yang kecil di atas kelopak matamu yang sebenarnya," katanya.


2. Cara merias mata yang menurun

makeup mata
Sudut luar mata sedikit menurun, bisa sangat tampak turun atau lebih tidak terlihat. (nine.com.au)


Jika kamu termasuk kategori ini, sudut luar matamu sedikit menurun. Itu bisa sedikit turun atau lebih terlihat.

Langkah pertama, oleskan warna mutiara pada kelopak mata. Berkonsentrasi pada tulang alis karena ini menarik perhatian ke atas.

Lalu, sapukan warna matte medium ke garis bulu mata. Kemudian, dengan menggunakan warna matte yang lebih terang, tap sedikit warna pada sudut luar lipatan dan ratakan.

Mulai dari sudut dalam untuk memulas warga garis gelap. Perpanjang garis melewati sudut luar, jentikkan garis ke atas dan keluar di bagian akhir. kamu juga bisa mencoba metode floating eyeliner. "Ini adalah teknik di mana kamu memberi celah kecil antara sudut luar mata dan di mana eyeliner wing dimulai," kata Hurkman, "Cara ini memberikan ilusi mata terangkat."

Setelah itu, jika kamu ingin mempertegas dan mengoreksi bentuk mata yang turun dengan liner, biarkan eyeliner mengikuti bentuk alami mata, membulatkan ke garis bulu mata bawah, dan menghilangkannya dengan kuas eyeshadow pensil. Saran Hurkman, "Teknik tersebut akan mempertegasn ujung mata dan akan menambahkan kesan dramatis."


3. Cara merias mata almond

makeup mata
Inilah bentuk mata yang paling umum, lonjong dengan sudut luar yang sedikit terangkat. (frukmagazine.com)


Inilah bentuk mata yang paling umum, mata almond memanjang, dengan sudut luar yang sedikit terangkat.

Langkah pertama, sapukan bayangan terang dari garis bulu mata ke tulang alis.

Lalu, untuk menambahkan dimensi, aplikasikan warna medium di sepanjang garis bulu mata atas. Perlahan, pertegas warna di sudut luar untuk tampilan lebih dramatis.

Akhiri dengan melapisi garis bulu mata atas dan bawah dengan eyeliner gelap.


4. Cara merias mata bulat

makeup mata
Jika kamu dipuji karena memiliki mata yang besar, artinya bentuk matamu bulat. (mubi.com)


Pernah diberi tahu bahwa kamu memiliki mata yang besar? Itu artinya kamu memiliki mata bulat. Dengan lebih banyak ruang putih di sekitar pupil, kamu tidak perlu banyak riasan untuk tampilan mata yang besar.

Langkah pertama, pulas seluruh kelopak dengan warna netral untuk menyamarkan bayangan atau kemerahan.

Lalu, gunakan eyeliner cair, buat garis tipis sedekat mungkin dengan bulu mata. Ulangi di bagian bawah, jika diinginkan.

Jika kamu ingin memanjangkan bentuk mata, Lovello mengatakan untuk memulai liner di sepertiga bagian luar kelopak mata, bukan mengambari seluruh kelopak mata.

Kemudian, tarik perlahan pensil warna putih melintasi water line. Itu adalah bagian berdaging dari kelopak mata bawah yang berada di antara bulu mata dan mata. Dengan cara ini bagian putih mata akan tampak lebih luas dan membuat mata jadi cerah.(aru)

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan