Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi, Lihat Disini! Ada makanan yang mengandung zat antioksidan. (Foto: lifehack)

PROSES oksidasi banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti perubahan warna pada kentang atau apel yang menjadi kecoklatan atau minyak yang mengeruh karena dipakai untuk menggoreng makanan. Lalu apa akibatnya jika mengonsumsi makanan yang teroksidasi? Radikal bebas yang terkandung di dalam makanan yang teroksidasi dapat merusak jaringan DNA sehingga tubuh rawan terhadap kanker dan penyakit mematikan lainnya.

Meskipun tubuh memiliki enzim super-oksida yang dapat mencegah munculnya radikal bebas, kenyataannya pada umur 40 tahun jumlah enzim ini akan terus berkurang. Pada usia tersebut, tubuh akan mengambil enzim dari cadangan enzim pangkal. Jika masih tidak cukup, kamu perlu mencari alternatif sumber antioksidan lain, yaitu dari makanan.

Antioksidan adalah molekul yang bermanfaat untuk mencegah atau memperlambat proses oksidasi pada tubuh sehingga tidak mudah terkena zat radikal bebas.

Laman Go Dok menuliskan enam jenis makanan yang tinggi antioksidannya.

Bayam

bayam
(Foto: Pixabay/ponce_photography)

Bayam memiliki lutein tinggi yang dapat melindungi mata dari paparan radiasi sinar matahari sehingga mencegah timbulnya gangguan seperti katarak dan degenerasi makula. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari bayam, usahakan untuk mengolah sayuran ini dengan cara ditumis atau disayur bening. Ingat, masak bayam dengan cepat karena proses yang terlalu lama justru membuat bayam menjadi karsinogenik.

Bawang Putih

bawang
(Foto: Pexels/Isabella Mendes)

Meskipun kandungan sulfur yang cukup tinggi pada bawang putih membuat baunya menyengat, namun umbi lapis yang satu ini ternyata bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah dan mencegah timbulnya radikal bebas yang menyebabkan pembekuan darah. Selain itu, kandungan antioksidan pada bawang putih juga dapat mencegah masuknya jamur ke dalam tubuh.

Tomat

tomat
(Foto: Food Network)

Tomat mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah gangguan pada mata, paru-paru, usus, payudara, hingga prostat. Likopen yang terdapat pada tomat dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Untuk memperoleh manfaat optimal, gunakan minyak zaitun dalam proses pengolahan karena dapat melarutkan likopen dalam tomat.

Stroberi

stroberi
(Foto: thompson-morgan)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sara Tulipani dari University of Barcelona menunjukkan bahwa strawberry dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah dan mencegah munculnya penyakit kronis. Ini dikarenakan kadar antioksidan dalam strawberry termasuk yang tertinggi di antara bahan pangan lainnya.

Wortel

wortel
(Foto: Pixabay/dbreen)

Wortel memiliki banyak karotenoid yang dapat melindungi mata dari serangan sinar matahari. Ingat, sebaiknya tidak memakan wortel dalam keadaan mentah karena kandungan antioksidannya lebih rendah daripada wortel yang telah dimasak. Hal ini terjadi karena ketika dimasak, terjadi proses pembentukan rantai antioksidan dalam wortel.

Bok Choy

bok choy
(Foto: foodandwine)

Bok choy merupakan jenis sayuran sejenis kol yang mangandung kadar vitamin A, vitamin C, dan kalsium yang tinggi. Selain itu, sayuran ini juga mengandung enzim pembentuk antioksidan tinggi yang dapat melindungi tubuh dari kanker payudara, kanker usus, dan kanker ovarium.

Itulah beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang dapat Anda coba. Ada baiknya untuk mengonsultasikan dulu konsumsi pangan tadi dengan dokter untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Ternyata, sehat itu mudah, bukan? Selamat mencoba!

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo