Makanan untuk Otak Agar Tak Kendor di Jalan Otak yang sehat dapat membuat aktivitas lancar. (Foto: Pexels/Burst)

OTAK adalah organ yang paling rumit dan memiliki kekuatan dahsyat dari keseluruhan badan kamu. Otak adalah super komputer dengan kecepatan melebihi Ferrari.

Tentunya untuk membuat otak berlari kencang, butuh bahan bakar yang memiliki spesifikasi tinggi. Dengan demikian investasi kamu dapat terjaga dengan baik.

Tentunya dengan demikian bila berhubungan dengan otak maka orang akan mencari makanan terbaik dari yang terbaik. Tujuannya agar lebih fokus, berpikir lebih baik dan tentunya memiliki otak yang sehat.

Untuk itu kamu harus memperhatikan asupan makanan guna mendapatkan manfaat itu. Menurut laman lifehack ada makanan yang baik untuk otak.

Ikan Salmon

salmon
Mengandung Omega3 dan DHA yang baik untuk otak. (Foto: Pexels/Oscar Mikols)


Jenis ikan ini memang sudah dikenal sebagai makanan sehat untuk otak. Harus dimengerti bahwa unsur pembentukan otak adalah lemak yang mencapai 60%. Untuk membentuk lemak bagi kesehatan sel otak adalah Omega 3. Omega 3 dan DHA membantu pembentukan perlindungan bagi neuron kita. Semakin baik perlindungan ini semakin efektif sel-sel bekerja dan membuat otak dapat berfungsi secara maksimal.

Kekurangan DHA dapat berakibat pada pembentukan otak si kecil. Tak mengherankan bila banyak susu formula yang memasukan usnur-unsur ini di dalamnya. Kekurangan DHA pada orang dewasa akan mengganggu fokus, mood swing, cepat marah, kelelahan dan kurang tidur.


Blueberi

blueberi
Blueberi membantu meredakan peradangan. (Foto: Pexels/Suzy Hazelwood)

Buah blueberi adalah salah satu buah yang dapat memaksimalkan kesehatan dan kerja otak. Blueberi juga mengandung zat antioksidan yang tinggi dan anthocyanin dibandingkan buah-buah lainnya. Ini dapat melindungi otak dari stres dan membuat otak lebih sehat sepanjang usia pemiliknya. Antioksidan pada buah ini membantu meredakan peradangan yang membuat otak dapat terus menaikan energinya.

Kunyit

kunyit
Curcumin yang ada pada kunyit menaikan produksi peembentukan serotonin dan dopamin. (Foto: Pexels/stevepb)


Rempah-rempah ini dari berbagai hasil penelitian menunjukan manfaatnya bagi otak. Rempah berwarna kuning ini memiliki kandungan antiperadangan, antioksidan, antibakteri, antijamur dan antikanker yang ada pada zat bernama curcumin. Zat ini juga menaikan produksi dua neurotransmiter yakni serotonin dan dopamin. Dua neurotransmiter ini berhubungan dengan kebahagiaan, motivasi, kesenangan dan perolehan.

Curcumin juga memberikan manfaat melancarkan darah ke otak, anti depresi dan menaikan level antioksidan di otak untuk melindungi dari penuaan otan dan peradangan.

Kopi

kopi
Kopi mengandung kafein yang merupakan neurologikal alami. (Foto: Pexels/Burst)

Kopi adalah ramun energi yang selalu diburu orang khususnya di pagi hari. Kafein sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang yang mencari kopi. Kafein adalah stimulan neurologikal alami tidak hanya memberikan kamu energi saja. Melainkan juga adenosin, yakni neurotransmiter yang berhubungan dengan kelelahan sehingga mampu membuat otak tetap terjaga. Antioksidan bernama polyfenol yang ada pada kopi mampu meredakan peradangan yang ada pada otak dan membuat otak tetap berenergi. Antioksidan pada kopi memberikan pula efek neuroprotektif yang melindungi otak dari stres dan kerusakan.

Brokoli

brokoli
Kandungan sulfrorafan membantu pertumbuhan sel baru. (Foto: Pexels@slon_dot_pics)

Brokoli bukan makanan favorit bagi anak-anak, seperti kebanyakan sayuran lainnya. Namun sekarang kamu harus memasukannya dalam menu makanan, karena termasuk makanan yang baik bagi otak. Brokoli mengandung sulfrorafan yang menaikan proliferation dan membantu sel otak bertahan terhadap gangguan. Kandungan itu mengurangi peradangan dan mendorong neurogenesis yakni pertumbuhan sel-sel otak baru. Brokoli juga mengandung vitamin K yang memiliki fungsi ikut menjaga sel otak. Sementara folat melakukan detoks dan mengurangi peradangan di otak. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH