Makanan untuk Meningkatkan Imunitas Lansia Lansia (Foto: Pixabay/isakarakus)

KETIKA usia sudah mencapai 65 tahun, sistem kekebalan tubuh mulai lemah, hal tersebut pula yang membuat lansia retan terhadap beberapa masalah kesehatan. Padahal, sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik membantu menangkal benda asing dan sel-sel ganas penyebab kanker.

Guna terus menjaga sistem imun, mengonsumsi makanan dan minuman yang baik dan seimbang menjadi salah satu caranya. Dilansir dari Boldsky, pada artikel ini merahputih.com akan menunjukan beberapa makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada orang berusia di atas 65 tahun.

Baca juga:

Viral! Robot ini Mampu Basmi Virus Corona Dalam 2 Menit

1. Nasi merah

Nasi merah (Foto: Boldsky)
Nasi merah (Foto: Boldsky)

Beras merah mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat. Bila dikonsumsi dalam porsi terkontrol dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, beras merah kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas.

2. Ubi jalar

Ubi jalar (Foto: Boldsky)
Ubi jalar (Foto: Boldsky)

Kaya akan beta karoten dan vitamin A, kentang manis dikemas dengan antioksidan yang dapat memberi manfaat pada sistem kekebalan tubuh lansia. Selain itu sayuran manis ini kaya akan karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi orang dewasa paling tidak sekali sepekan.

Baca juga:

Tips Mengatasi Kantuk Saat Belajar di Rumah

3. Bayam

Bayam (Foto: Boldsky)
Bayam (Foto: Boldsky)

Kaya akan vitamin C, dan dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, bayam adalah sayuran yang baik untuk diet. Bayam juga mengandung vitamin K, yang membuat sayuran berdaun ini harus ditambahkan dalam diet penambah kekebalan tubuh untuk lansia.

4. Yoghurt

Yogurt (Foto: Boldsky)
Yogurt (Foto: Boldsky)

Mengkonsumsi yoghurt dapat memperkuat saluran usus, yang pada akhirnya mencegah penyakit gastrointestinal. Yoghurt penuh dengan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan tubuh yang baik untuk lansia.

5. Makanan tinggi protein

Makanan tinggi protein (Foto: Boldsky)
Makanan tinggi protein (Foto: Boldsky)

Makanan seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tiram, salmon, dan kedelai adalah tambahan sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan jantung. Mereka menjadi sumber yang kaya asam lemak omega-3, protein tanpa lemak seperti salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. (Yni)

Baca juga:

4 Fakta Parasit Toxoplasma Gondii dapat Mengontrol Pikiran


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH