Kuliner

Makanan Tradisional Vegetarian Asli Indonesia

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 29 Juni 2018
Makanan Tradisional Vegetarian Asli Indonesia
Karedok. (Foto: Instagram @siu_jung)

MAKANAN vegetarian umumnya mengandung sayur-sayuran. Tak hanya sebagai gaya hidup, banyak orang menjadi vegetarian untuk membantu program diet. Sehingga vegetarian kini sudah menjadi bagian tak terpisahkan di sebagian masyarakat modern.

Vegetarian berarti orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging. Di sisi lain, kaum vegetarian masih mengonsumsi produk olahan dari hewan semisal terur, keju, dan susu.

Terutama kamu yang awal-awal menjalani sebagai vegetarian, tak perlu pusing harus makan apa. Ada banyak pilihan makanan tradisional khas Indonesia yang murni olahan jenis sayuran atau tumbuh-tumbuhan. Tidak mengandung daging. Tapi tetap nikmat disantap karena dilengkapi beragam bumbu rempah.

Makanan vegetarian khas beberapa daerah tanah air umumnya sebagai teman untuk makan nasi. Disajikan sebagai tambahan di samping lauk-pauk. Namun belakangan menu-menu tersebut menjadi makanan yang dijual kaki lima atau street food sehingga mudah ditemukan.

Kuliner berbahan sayur-sayuran khas Indonesia terjamin kesehatannya. Di antara makanan tradisional yang masih bertahan tanpa campuran bumbu penyedap yaitu makanan jenis ini. Makanan kering olahan sayuran mengandalkan bumbu-bumbu alami.

Berikut merahputih.com sajikan makanan tradisional vegetarian yang merupakan asli khas Indonesia;

1. Urap

Urap. (Foto: Instagram/hendridinoto)
Urap. (Foto: Instagram @hendridinoto)

Urap adalah hidangan dari berbagai macam sayuran yang direbus dan dicampur dengan parutan kelapa yang dibumbui rasa yang cukup khas.

Urap mudah sekali ditemukan pada menu masakan Indonesia. Urap merupakan salah satu masakan Jawa, tepatnya dari Surabaya. Urap dapat dimakan begitu saja sebagai makanan utama atau sebagai sayuran teman makan bersama dengan nasi hangat yang akan sangat nikmat.

2. Trancam

Trancam. (Foto: Instagram/miu_miu_150911)
Trancam. (Foto: Instagram @miu_miu_150911)

Trancam merupakan olahan sayuran yang diberi bumbu kelapa parut. Berbeda dengan urap, trancam merupakan olahan sayuran mentah. Bahan-bahannya terdiri dari beragam jenis sayuran seperti taoge, petai, kemangi, dan mentimun.

Kalau kamu bukan vegetarian, trancam sangat cocok jadi teman nasi. Makan dengan trancam tentu selera makan kamu akan bertambah. Bahan-bahan jenis sayuran lain juga bisa ditambahkan sesuai dengan selera.

3. Pecel

Pecel. (Foto: Instagram/widyast86)
Pecel. (Foto: Instagram @widyast86)

Kata pecel berarti tumbuk. Hal itu mengacu pada bumbu pecel yang terbuat dari kacang yang ditumbuk. Tampilan pecel memang mirip seperti gado-gado, tapi keduanya berbeda dalam hal tekstur bumbu dan juga sayur-mayur yang digunakan.

Untuk pecel, sayur yang sering digunakan, yaitu bayam, kangkung, kacang panjang, dan tauge. Untuk saus sambal, jika ingin praktis, bumbu pecel siap pakai kini mudah ditemukan di pasar. Anda tinggal menambahkan air hangat untuk melarutkannya.

4. Gado-gado

Gado-gado. (Foto: Instagram/debbie_ariesthea)
Gado-gado. (Foto: Instagram @debbie_ariesthea)

Gado-gado merupakan hidangan sepinggan yang berasal dari daerah Jawa, Indonesia. Terdiri dari sayuran matang dan telur yang telah direbus, tempe tahu goreng yang kemudian dipotong-potong lalu disiram dengan saus kacang yang pedas gurih dan segar.

Biasanya gado-gado suka diberi tambahan bawang merah goreng dan kerupuk, terkadang ada juga yang menambahkan lontong atau nasi putih. Gado-gado sering disebut juga salad Jawa.

5. Karedok

Karedok. (Foto: Instagram/emiliana_ermin)
Karedok. (Foto: Instagram @emiliana_ermin)

Karedok yang sarat sayuran mentah seperti ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi dan terung yang dicampur bumbu kacang merupakan pilihan tepat buat para pecinta sayur atau vegetarian.

Menu yang satu ini kuat aroma kencur dan bawang putihnya. Perbedaannya dengan pecel yaitu karedok merupakan olahan sayuran mentah. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Resep Mudah Trancam, Makanan Vegetarian Khas Jawa Timur

#Vegetarian #Kuliner Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan