Kesehatan
Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Penyebab Migrain Kenali apakah makanan tinggi gula dan karbohidrat bisa menyebabkan migrain atau tidak (Foto: Pixabay/robinhiggins)

SEJUMLAH orang mengeluhkan sakit kepala setelah makan makanan yang mengandung gula tinggi atau karbohidrat olahan. Sepertisepotong kue coklat atau semangkuk pasta.

Hal tersebut sejalan dengan penelitian di 2018, yang menyimpulkan hampir 30 persen pasien melaporkan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu sakit kepala.

Baca Juga:

Sakit Kepala Kerap Melanda kala Hujan? Ini Cara Ampuh Mencegahnya

cokelat
Cokelat sering dituduh sebagai penyebab migarain. (Foto: Pixabay/AlexanderStein)

Menurut studi baru yang dilakukan Profesor neurologi di King's College London dan Dr. Peter Goadsby dari University of California, menunjukan adanya kemungkinan besar bukan makanan yang menyebabkan migrain.

Seperti yang dikutip dari Channel News Asia, Peter menjelaskan selama tahap awal serangan migrain, bisa dimulai beberapa jam hingga beberapa hari sebelum sakit kepala menyerang.

Orang-orang mungkin mengalami gejala seperti kelelahan, kabut otak, perubahan suasana hati, sensitivitas cahaya, kekakuan otot, menguap, hingga peningkatan buang air kecil. Selama waktu itu, studi pencitraan otak menunjukan hipotalamus atau wilayah otak yang mengatur rasa lapar diaktifkan, hingga menyebabkan orang menginginkan dan mengonsumsi makanan tertentu.

"Cukup jelas area ini berubah aktivitasnya sebelum rasa sakit dimulai. Beberapa orang menginginkan camilan gurih atau asin, sementara yang lain menginginkan permen dan cokelat," jelas Dr. Goadsby.

Sementara itu, menurut Pakar Neurologi dan Pengobatan Sakit Kepala di Mayo Clinic, Scottsdale, Arizona, Dr. Rashmi Halker Singh, setelah seseorang memanjakan keinginannya dan fase sakit kepala migrain dimulai. Wajar kemudian dia bertanya apakah sesuatu yang dimakan berpengaruh pada rasa sakit.

Kabarnya, cokelat dikatakan sebagai salah satu makanan pemicu migrain yang paling banyak dilaporkan. Namun, dalam satu ulasan penelitian pada jurnal Nutrients (2020), peneliti menyimpulkan tidak ada bukti yang menyebut cokelat bisa menyebabkan migrain.

Baca Juga:

Sering Sakit Kepala? Redakan dengan Makanan Ini

Bagi kamu yang mengalami migrain sebaiknya coba mengurangi gula tambahan (Foto: Pixabay/silviarita)

Apabila kamu kerap mengidam makanan sebelum migrain, sebaiknya kamu memperhatikan bersama dengan gejala fase prodromal lainnya. Sehingga kamu bisa bersiap-siap untuk apa yang akan terjadi. Siapkanlah obat migrain dan memilih waktu tidur lebih awal.

Menurut Profesor nutrisi dan studi makanan di George Mason University Margaret Slavin, menjelaskan bahwa makanan yang tinggi gula atau karbohidrat, bisa menyebabkan gula darah melonjak. Bahkan bisa mengarah ke respon insulin yang terlalu besar.

Dalam hal ini, insulin bisa membantu menormalkan gula darah. Namun, bila terlalu banyak insulin, bisa menyebabkan gula darah rendah. Adapun kondisi itu disebut dengan hipoglikemia, dan gejalanya yakni sakit kepala, lelah, pusing hingga gemetar.

Bagi kamu yang mengalami migrain, sebaiknya coba mengurangi gula tambahan, dan menggantikanya dengan buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan.

Namun, karena penelitian soal hubungan antara diet dan sakit kepala terbatas, Dr. Slavin mencatat, belum ada cukup bukti untuk merekomendasikan diet khusus yang dapat mencegah migrain.

Selain itu, menurut Dr. Halker Singh, melewatkan makanan pun kerap dilaporkan sebagai pemicu terjadinya migrain. Dia menyarankan untuk makan makanan bergizi secara teratur, cukup tiru, mengelola stres dan olahraga secara teratur. (Ryn)

Baca Juga:

Jaga Kadar Kolesterol dan Gula Darah dengan Tips Ampuh Ini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sifat Buruk yang Biasa Dilakukan Sagitarius dalam Hubungan Asmara
Fun
Rumah Harum Alami dengan Pohon Aromatik Ini
Fun
Rumah Harum Alami dengan Pohon Aromatik Ini

Rumah terasa harum dengan menanam pohon ini.

Harry Styles Gabung MCU, Gwyneth Paltrow Ingin Balik
ShowBiz
Harry Styles Gabung MCU, Gwyneth Paltrow Ingin Balik

Mungkin saja Pepper Potts dapat berhubungan dengan Harry Styles.

Synchronize Fest Bagikan 100 NFT Tiket Gratis Seumur Hidup
ShowBiz
Synchronize Fest Bagikan 100 NFT Tiket Gratis Seumur Hidup

Tiket NFT Synchronize Fest diundi pada 19 Mei 2022.

Iko Uwais Ikut Serta dalam 'The Expendables 4'
ShowBiz
Iko Uwais Ikut Serta dalam 'The Expendables 4'

Iko Uwais dikabarkan akan menjadi karakter penjahat di Expendables 4.

Michelin Gelar Grand Turismo Sport Indonesia Series 2021
Fun
Michelin Gelar Grand Turismo Sport Indonesia Series 2021

Berhadiah total senilai Rp 50 juta.

Crunchyroll Hadirkan Serial Dragon Ball
ShowBiz
Crunchyroll Hadirkan Serial Dragon Ball

Ketiga seri itu menjadi bagian gelombang konten baru lainnya dari Funimation

Alto’s Odyssey akan Rilis di Apple Arcade
Fun
Alto’s Odyssey akan Rilis di Apple Arcade

Merupakan versi terdekat dengan gim asli Alto’s Odyssey.

Berikan Pemahaman dan Edukasi tentang Seksual pada Anak agar Terhindar dari Pelecehan Seksual
Fun
Berikan Pemahaman dan Edukasi tentang Seksual pada Anak agar Terhindar dari Pelecehan Seksual

berikanlah edukasi sedini mungkin pada si kecil, untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual.

'EVE Online' Resmi Tambahkan Dukungan Microsoft Excel
Fun
'EVE Online' Resmi Tambahkan Dukungan Microsoft Excel

Kamu dapat mengekspor keseluruhan spreadsheet yang ada di EVE Online ke dalam Microsoft Excel kamu melalui sebagian API.