Makanan Terbaik untuk Perempuan Menopause

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 16 September 2021
Makanan Terbaik untuk Perempuan Menopause
Perempuan berusia 19-50 tahun butuh 1000 mg kalsium perhari. (Foto: Unsplash/Marco Xu)

MAKANAN memiliki banyak manfaat yang terkadang tidak kita sadari. Ternyata yang kita makan nyatanya secara alami dapat membantu melalui transisi menopause. Saat seorang perempuan mengalami menopause, hal yang terjadi hampir sama saat kita menghadapi pubertas.

Menopause tentunya merupakan hal yang rumit dan bahkan terkadang bisa mengakibatkan stres hingga depresi. Mengutip dari Everydayhealth, salah satu cara mudah dan alami yang dapat kamu coba untuk meringankan gejala menopause adalah dengan menambahkan beberapa jenis makanan berikut ini.

Baca Juga:

Sensory Seeker pada Anak, Kenali Ciri-cirinya!

meno
Konsumsi buah yang mengandung banyak air. (Foto: Unsplash/Stephanie Studer)

Banyak perempuan yang mengalami kenaikan berat badan memasuki menopause sehingga kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya air seperti semangka, stroberi, dan sup. Makanan kaya air seperti buah dan sayur bisa membantumu untuk menahan nafsu makan. Hal ini juga akan membuatmu tetap terhidrasi dan mencegah kekeringan yang terjadi di daerah kulit sekitar vagina.

Selain perubahan hormonal, wanita mengalami pengeroposan tulang yang signifikan pada menopause. Bahkan terkadang sampai menyebabkan osteoporosis pascamenopause. Maka dari itu, lindungi tulangmu dengan mendapatkan cukup kalsium dari susu atau makanan yang kaya kalsium seperti yogurt, susu, keju rendah lemak, sereal, jus jeruk dan sayuran lainnya.

Menurut Mayo Clinic, perempuan berusia 19 hingga 50 tahun harus mengonsumsi 1000 mg kalsium perhari, sementara wanita berusia 51 tahun ke atas harus mengonsumsi 1.200 mg kalsium sehari.

Baca Juga:

Anak Enggak Mau Curhat Sama Orangtua? Ini Penyebabnya

kesehatan
Asam lemak esensial yang ada pada ikan salmon membantu meningkatkan kesehatan jantung. (Foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya)

National Institutes of Health (NIH) menyebutkan bahwa tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Beberapa sumber vitamin D bisa didapatkan dari ikan seperti salmon, kuning telur, dan paparan sinar matahari.

Studi yang diterbitkan pada Juli 2020 di European Journal of Preventive Cardiology menyatakan bahwa makan cokelat jenis apa pun lebih dari sekali seminggu dapat mengurangi risiko kardiovaskular hingga 8 persen. Namun, coklat hitam jauh lebih baik, karena mengandung flavanol yang menyehatkan jantung yang membantu menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko sakit jantung.

Asam lemak esensial yang ditemukan pada ikan seperti salmon atau sarden, terutama omega-3 juga telah terbukti membantu meningkatkan kesehatan jantung. Penyakit jantung meningkat pada wanita seiring bertambahnya usia. Omega-3 juga dapat membantu mengurangi gangguan mood, menurut Harvard Health Publishing. (Tel)

Baca Juga:

EQ Tinggi itu Superpower, Kenali Bentuknya dalam Kehidupan Sehari-hari

#Kesehatan #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan