Makanan Sehat Bantu Mempercepat Pemulilhan Setelah Operasi

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 13 Mei 2022
Makanan Sehat Bantu Mempercepat Pemulilhan Setelah Operasi
Konsumsi makanan sehat setelah operasi. (Foto: Unsplash/JAFAR AHMED)

PASIEN yang menjalani operasi harus memperhatikan jenis-jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dimakan turut andil dalam mempercepat proses pemulihan setelah operasi. Ketahui apa saja jenis makanan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah menjalani operasi, mulai dari kontrol lanjutan, perawatan luka bekas operasi, keharusan untuk mulai aktif bergerak, hingga pola makan. Ada asupan yang perlu dihindari atau dibatasi, seperti minuman berkarbonasi dan makanan tinggi lemak. Sebaliknya, ada pula makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, karena bisa membantu proses pemulihan setelah operasi.

Agar proses pemulihan setelah operasi bisa lebih cepat dan luka bekas sayatan terhindar dari infeksi, pasien dapat melakukan kontrol ke dokter sesuai jadwal yang ditentukan. Periksa bekas luka secara rutin dan pastikan tidak ada tanda-tanda infeksi.

Jaga luka operasi agar tidak terkena air dalam 24 jam pertama setelah operasi. Hindari berenang selama beberapa minggu, mengangkat benda yang berat, mengonsumsi obat selain yang diresepkan dokter, hingga mengemudi selama dua minggu sampai dua bulan.

Baca juga:

Mengenal Operasi Hybrid, Tindakan Pengobatan untuk Kesehatan Jantung

Konsumsi Makanan Sehat Agar Mempercepat Pemulilhan Setelah Operasi
Konsumsi sayuran hijau. (Foto: Unsplash/Jannis Brandt)

Mengutip laman Alodokter, berbagai pilihan makanan yang membantu pemulihan setelah operasi salah satunya telur. Setelah operasi, tubuh memerlukan protein untuk mempercepat penyembuhan setelah operasi. Telur yang tinggi akan protein, juga mengandung vitamin A, vitamin B12, zinc, zat besi, dan selenium. Nutirsi yang terkandung di dalam telur mampu memperkuat imunitas tubuh, membuat luka bekas operasi cepat sembuh, dan mempercepat pemulihan tubuh secara umum.

Selain telur, ada juga salmon yang kaya akan asam lemak omega-3 dan protein. Makanan laut yang rendah merkuri ini juga mengandung vitamin B, selenium, zat besi, dan zinc. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa nutrisi yang terkandung dalam salmon dapat membantu mengatasi peradangan, meningkatkan imunitas tubuh, dan menyembuhkan luka bekas operasi lebih cepat.

Baca juga:

Pantangan Setelah Operasi Caesar

Konsumsi Makanan Sehat Agar Mempercepat Pemulilhan Setelah Operasi
Telur tinggi akan protein. (Foto: Unsplash/Jonathan Cooper)

Tidak hanya daging atau telur, kamu juga disarankan mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi. Sayuran tersebut mengandung vitamin C, mangan, magnesium, serta asam folat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh setelah operasi. Walaupun mengonsumsi terlalu banyak bisa membuat perut kembung, kamu tidak perlu khawatir karena efek samping ini biasanya hanya terjadi satu sampai dua hari saja.

Yang terakhir adalah kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, kenari, biji bunga matahari, dan biji rami. Kamu juga bisa memilih biji-bijian utu sebagai sumber karbohidrat, seperti gandum. (and)

Baca juga:

Beberapa Tips Sebelum Kamu Berpergian Usai Operasi Caesar

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan