Kuliner
Makanan Pembawa Keberuntungan untuk Rayakan Tahun Baru Sejumlah makanan Tahun Baru yang dianggap dapat membawa keberuntungan.(Foto Pexels@Anna Tarazevich)

TAHUN 2020 sebentar lagi usai. Begitu banyak cerita manis maupun pahit yang terjadi tahun ini. Dr Seuss, penulis sekaligus ilustrator buku anak, pernah mengatakan bahwa, "Don't cry because it's over, smile because it happened." Jangan menangisi yang sudah terjadi, melainkan syukuri segala hal yang telah berhasil dilalui kemudian bersiap membuka babak baru.

Di hari terakhir 2020, mari merayakannya bersama orang tercinta. Namun belum lengkap rasanya kalau tidak disertai dengan hidangan lezat. Ternyata beberapa makanan tradisional Tahun Baru dari sejumlah negara ini punya cerita unik di baliknya. Bahkan kabarnya bisa membawa keberuntungan di tahun yang baru.

BACA JUGA:

Lezat dan Bernutrisi, 3 Pilihan Ikan yang Pas untuk Dibakar

1. Mi

mi
Mi panjang dipercaya akan memberi umur yang panjang. (Foto Pexels@JAN N G U Y E N)

Di sejumlah negara Asia seperti Tiongkok dan Jepang, mi selalu disajikan dan dimakan tanggal 1 Januari. Konon bentuk mi yang panjang melambangkan umur yang panjang. Sehingga secara tidak langsung menjadi doa serta harapan agar bisa berumur panjang memasuki tahun yang baru.

Akan tetapi, pastikan mi tidak patah atau jadi pendek selama proses memasak ya. Sebab jika tidak, simbolnya akan menjadi sia-sia saja.

2. Kue

kue tahun baru
Vasilopita berisi koin atau perhiasan kecil dianggap dapat membawa keberuntungan di tahun yang baru. (Foto Tarasmulticulturaltable)

Kue merupakan salah satu makanan penutup favorit banyak orang. Selain itu, kue memang selalu jadi opsi tepat untuk hari perayaan, tidak terkecuali Tahun Baru. Banyak budaya yang memiliki kue Tahun Barunya sendiri.

Orang Yunani misalnya, mempunyai kue yang disebut sebagai Vasilopita. Dikenal sebagai pai raja atau pai kemangi, kue ini hanya dibuat khusus untuk perayaan pergantian tahun. Kue khas Yunani itu manis, seperti roti, dan ditaburi kacang almond. Secara tradisional, Vasilopita dipanggang besama koin atau perhiasan kecil dan orang yang memakannya dikatakan akan mendapatkan keberuntungan di tahun yang baru.

3. Lentil

lentil
Bentuk lentil yang bundar melambangkan koin. (Foto Pexels@Alesia Kozik)

Lentil merupakan kacang dengan bentuk pipih yang berdiameter sekitar 0,5cm. Biasanya berwarna cokelat muda, merah jingga, atau abu-abu. Makanan ini seringkali disantap di hari Tahun Baru oleh warga Italia.

Legenda mengatakan lentil berkaitan dengan kemakmuran. Sebab kacang-kacangan bundar ini sekilas terlihat seperti koin sehingga dianggap akan membawa kekayaan. Umumnya, lentil akan dimakan setelah melewati tengah malam dan disajikan bersama daging babi serta sosis.

4. Ikan Haring

ikan haring
Kulit ikan hering terlihat seperti uang sehingga dianggap membawa kemakmuran. (Foto Pixabay@furbymama)

Makanan ikan memang sering terlihat di atas piring perjamuan makan Tahun Baru. Apalagi buat daerah yang dekat dengan laut seperti negara-negara Skandinavia. Ikan haring dianggap membawa keberuntungan karena sisik peraknya mirip uang.

Selain itu, ikan haring merupakan komoditas penting bagi kemakmuran negara. Oleh sebab itu, makan ikan haring merupakan doa agar ada tangkapan baik di bulan-bulan mendatang karena pola migrasi ikan ini tidak dapat diprediksi. Dengan menyantapnya, mereka berharap tahun baru akan memberi kesehjateraan bagi negara.

5. Buah-buahan

buah delima
Buah delima melambangkan kelahiran dan kesuburan untuk tahun yang baru. (Foto Pexels@Pixabay)

Dalam budaya Filipina, malam Tahun Baru dirayakan dengan 12 buah-buahan. Angka 12 dipilih karena ada 12 bulan dalam setahun. Biasanya warga Filipina akan mencari buah berbentuk bulat. Sementara di Meksiko anggur dimakan pada tengah malam untuk melambangkan tahun mendatang. Di seluruh dunia buah delima dianggap sebagai simbol kelahiran dan kesuburan. (Sam)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Game 'Sonic' PS5 Buatan Dreams Dinilai Lebih Baik dari Sega 3D
Fun
Game 'Sonic' PS5 Buatan Dreams Dinilai Lebih Baik dari Sega 3D

Penggemar game 'Sonic' yang mengatakan hal ini.

Atasi dan Cegah Migrain dengan Cara Sederhana
Hiburan & Gaya Hidup
Atasi dan Cegah Migrain dengan Cara Sederhana

Migrain paling sering dialami sejak pubertas dan semakin banyak menyerang dengan rentang usia 35 – 45 tahun.

Lagi 'Slam Dunk', Damian Lillard Jadi Cover NBA 2K21
Fun
Lagi 'Slam Dunk', Damian Lillard Jadi Cover NBA 2K21

Damian Lillard dipercaya menjadi cover NBA 2K21.

Bermain Bersama Mario Bros di Super Nintendo World Universal Studio Japan
Fun
Bermain Bersama Mario Bros di Super Nintendo World Universal Studio Japan

Super Nintendo World direncanakan akan dibuka pada saat Tokyo Olympics .

GIIAS akan Hadirkan Konsep Baru di Akhir Tahun 2020
Fun
GIIAS akan Hadirkan Konsep Baru di Akhir Tahun 2020

yakni Gaikindo Jakarta Auto Week

Mantan Staf Ungkap Kelakuan Minus Seo Ye-ji
ShowBiz
Mantan Staf Ungkap Kelakuan Minus Seo Ye-ji

Seo Ye-ji menjadi pusat dari banyak tuduhan.

Sekolah di Jepang Menyajikan Daging Kobe Gratis untuk Makan Siang
Fun
Sekolah di Jepang Menyajikan Daging Kobe Gratis untuk Makan Siang

Hanya di Jepang, sekolah menyajikan daging kobe berkualitas tinggi.

Poster Marvel Eternals Bocor di Instagram Ma Dong-Seok, Kebetulan?
Fun
Meski Putus Sekolah, Para Selebritas Hollywood ini Mampu Capai Kesuksesan
ShowBiz