Makanan Manis Picu Kanker Kepala dan Leher Rokok dapat memicu kanker. (Foto: Pixabay)

KANKER kepala dan leher memang tak sepopuler kanker payudara dan serviks. Namun, jangan sepelekan pemicunya. Apalagi pemicunya amat dekat dengan kehidupan sehari-hari, yaitu makanan yang biasa Anda konsumsi.

"Makanan dengan pengawet, pewarna, perasa, mengandung alkohol dan tembakau," ujar dokter spesialis onkologi radiasi dari RSCM, Prof. DR. Dr. Soehartati Gondhowiardjo, Sp.Rad (K) OnkRad.

Anda juga disarankan tidak mengonsumsi makanan yang terlalu panas karena dapat mengganggu lapisan mukosa mulut. Lapisan ini amat rentan terhadap berbagai macam paparan, termasuk rokok.

"Lapisan mukosa mempunyai sifat sangat khas terhadap paparan. Rokok sangat memengaruhi lapisan itu," kata dr Soehartati.

Tak hanya makanan, virus Epstein-Barr dan Human Papiloma serta kurangnya menjaga kebersihan mulut dan gigi juga merupakan pemicu kanker kepala dan leher.

Dokter spesialis onkologi ini juga menyarankan masyarakat melakukan aktivitas fisik teratur dan mengelola stres. Meski tidak sepopuler kanker payudara dan serviks, kanker kepala serta leher masuk daftar lima jenis kanker paling sering diderita penduduk di dunia.

Ingin terhindar dari kanker? Praktikkan gaya hidup sehat, ya. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH