Makanan Khas yang Paling Pas Dijadikan Pelapas Dahaga kala Magrib Tiba Beberapa minuman khas segar untuk berbuka. (foto: Instagram @foodartbylaura)

BULAN Ramadan sangat cocok untuk berburu makanan tradisional. Di bulan suci ini, segala jenis makanan tradisional bermunculan, bahkan ada kuliner yang hanya kamu temukan di bulan Ramadan.

Nah, buat makanan berbuka, tentu kamu mencari makanan manis yang bisa melepaskan dahaga dan penunda lapar sebelum makan berat. Dikutip iStyle, berikut lima makanan tradisional yang sanga cocok untuk menu berbuka kamu nanti.


1. Es cendol durian

Es cendol durian. (Foto: instagram.com/urayochie)
Es cendol durian. (Foto: instagram.com/urayochie)

Jangan lewatkan es cendol durian sebagai makanan buka puasa kamu, terutama bagi penggemar si raja buah ini. Es cendol durian ini dapat menjadi pelepas dahaga dan penunda lapar. Selain durian yang mendominasi, ada juga kombinasi cendol yang bikin kenyang. Cocok banget buat kamu yang tidak ingin makan banyak ketika berbuka puasa.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Jika Kamu Lebih dari 40 Tahun, Hindari Makanan dan Minuman Ini


2. Es podeng

Es podeng. (Foto: instagram.com/mynameis_ena)
Es podeng. (Foto: instagram.com/mynameis_ena)

Makanan penutup tradisional khas Jakarta ini memang paling pas disantap saat berbuka. Kombinasi es krim dari santan kelapa menyatu sempurna dengan topping alpukat, agar-agar, sagu mutiara, kacang tanah, dan susu kental manis. Segar dan nikmat disantap pada saat berbuka.


3. Puding karang

Puding karang. (Foto: instagram.com/erlish777)
Puding karang. (Foto: instagram.com/erlish777)

Puding karang bisa menjadi pilihan menjadi menu andalan manis saat berbuka. Rasa manis karena gula aren merah akan membuatmu ketagihan untuk mencicip puding karang. Selain mencari penjual puding karang, kamu juga dapat membuatnya sendiri di rumah.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Fakta-Fakta Puasa Muslim Islandia selama 22 Jam


4. Kolak pisang

Kolak pisang. (Foto: instagram.com/mamibubur)
Kolak pisang. (Foto: instagram.com/mamibubur)

Kolak pisang adalah makanan buka puasa yang paling sering dinikmati oleh semua orang untuk berbuka puasa. Apalagi kolak pisang juga sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet ketika puasa. Walaupun kolak pisang manis, tapi pisang berkhasiat untuk kamu yang sedang diet. Sehingga kamu tidak perlu makan banyak makanan berat lagi setelah menyicip kolak pisang.


5. Es pisang ijo

Es pisang ijo. (Foto: instagram.com/yokeakbar)
Es pisang ijo. (Foto: instagram.com/yokeakbar)

Siapa yang enggak tahu es tradisional khas Sulawesi Selatan ini. Lezatnya sirup merah yang dipadukan dengan pisang manis dengan balutan kulit hijau pasti enggak bisa kamu tolak. Kamu bisa mencoba es pisang ijo buat menu untuk buka puasa, pasati segar banget. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Si Hijau Legit dari Palembang, Kue Buka Puasa yang Bikin Ketagihan



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH