Oleh-oleh Khas dari Setiap Kota yang Paling Cocok Dibawa Pulang saat Mudik Cokelat Monggo (Foto: Instagram/@chocolatemonggo)

BERBICARA soal makanan. Indonesia memiliki beragam makanan khas di setiap daerahnya. Saking banyaknya, makanan khas ini kerap dijadikan buah tangan mudik lebaran. Sebab rasanya kurang lengkap kalau kembali ke rumah tanpa membawa oleh-oleh.

Nah, bagi kamu yang mudik ke beberapa kota ini. Atau sekadar berlibur di musim libur lebaran. Makanan khas ini cocok banget kamu jadikan oleh-oleh mudik.

1. Yogyakarta

Cokelat Monggo (Foto: Instagram/@chocolatemonggo)

Pasti kamu mengira cuma bakpia oleh-oleh wajib dari kota Yogyakarta. Kamu salah, ada banyak pilihan makanan lain yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Rasanya juga enggak kalah lezatnya. Ada cokelat monggo yang rasanya kayak cokelat-cokelat buatan Eropa.

Selain itu, kamu juga bisa jadikan geplak sebagai oleh-oleh. Berbahan ketan, geplak kerap ditemui di rumah-rumah warga Yogyakarta sebagai sajian makanan khas lebaran.

2. Cirebon

Sirup cap Tjampolay (Foto: Instagram/@sirup.tjampolay)

Ikan pari asap merupakan oleh-oleh populer dari Cirebon. Tenang, ikan pari asap awet kok. Karena saat pembuatannya sudah diolah. Selain makanan, Cirebon juga punya oleh-oleh andalan berupa minuman. Yaitu sirup cap tjampolay yang rasa pisang susu. Laris banget lho yang rasa pisang susu.

Baca juga:

Tips Jitu Beli Oleh-Oleh Mudik dengan Harga Bersahabat

3. Lampung

Keripik cokelat yang begitu legit (Foto: Instagram/@kuliner_lampung)

Oleh-oleh khas lampung harganya bersahabat banget. Meskipun ada banyak makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh. Ada satu makanan ringan yang wajib kamu jadikan buah tangan. Yaitu keripik cokelat Lampung.

Oh iya menyantap keripik cokelat Lampung semakin sempurna sambil ditemani kopi Lampung. Jadi kamu wajib membeli dua oleh-oleh ini. Sehingga si penerima pasti senang banget. Menikmati keripik cokelat sambil ditemani secangkir kopi Lampung.

4. Malang

Pia Cap Mangkok (Foto: Instagram/@piacapmangkok)

Kota Malang memiliki oleh-oleh khas seperti kota Yogyakarta. Namanya Pia Malang. Agak mirip dengan bakpia Yogyakarta tapi teksturnya lebih kering. Varian rasanya mulai dari cokelat, keju, hingga durian. Sekadar informasi, Pia Cap Mangkok ialah merek pia paling terkenal di Malang.

Bagaimana sahabat Merah Putih, kira-kira kamu mampir ke kota mana nih? (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH