Makanan Khas Korea Selatan Terpopuler di Indonesia Makanan khas Korea Selatan yang banyak disukai lidah orang Indonesia. (Foto: Pixabay/ahncamera)

PECINTA kuliner di Indonesia semakin mudah untuk menemukan berbagai menu khas negara lain. Melihat banyaknya orang yang menyukai makanan dari negara lain, banyak yang membuka tempat makan seperti salah satunya resto Korea. Makanan korea menjadi salah satu masakan yang disukai masyarakat Indonesia. Selain rasa yang cocok dengan lidah, kenikmatan yang dihadirkan memberikan nuansa berbeda dari masakan lainnya. Rasa pedas, asin, manis, gurih menjadi satu di setiap hidangan.

Dilansir dari beberapa sumber, terdapat empat jajanan korea selatan yang paling diminati oleh masyarakat di Indonesia.


Baca Juga:

Cara Mudah Mengetahui Perbedaan Sayur Organik dan Non-organik

1. Kimchi

makan
Kimchi olahan dari sawi putih yang difermentasikan (Foto: Pixabay/allybally4b)

Makanan ini menjadi semacam sajian yang wajib ada. Terbuat dari sayuran yang telah difermentasi, biasanya sawi putih yang menjadi pilihan utamanya.

Jika kamu ingin mencobanya, bisa pergi ke resto korea yang ada di mall terdekat. Setiap mencicipi masakan korea, kamu akan disajikan kimchi sebagai pelengkap nasi. Sangat cocok dimakan bersamaan dengan lauk pauk apapun. Rasa yang disajikan akan memberikan sensasi yang berbeda dan kamu akan ketagihan menikmatinya.

2.Bulgogi

makan
Potongan daging sapi yang dioleskan saus asin gurih khas Korea (Foto: tasting table)

Dari laman lajollamom, bulgogi terbuat dari irisan daging tipis yang dipanggang dengan saus khas korea. Rasa asin dan gurih yang berasal dari daging berkualitas tinggi memberikan sensasi meleleh saat masuk ke dalam mulut. Daging bulgogi sangat cocok dikonsumsi bersamaan dengan selada dan diberikan saus pedas maupun asin khas Korea. Selain dipanggang, rebusan kuah kaldu sangat nikmat disandingkan dengan daging tipis yang lembut.

Biasanya, masakan ini banyak ditemui pada resto all you can eat. Jika kamu pecinta daging sapi, wajib mencobanya. Restoran terkenal di Indonesia banyak yang mengusung tema masakan korea untuk menarik minat warga sekitar. Rasa lokal yang bercampur dengan khas korea menciptakan rasa yang baru dan pas di lidah masyarakat.


Baca Juga:


3. Tteokbokki

korea
Olahan tepung beras dengan saus gochujang khas Korea Selatan (Foto: Pixabayj/jyleen21)

Makanan ini sangat terkenal karena tingkat pedasnya. Terbuat dari tepung beras yang dibentuk silinder dan dicampur dengan saus gochujang atau saus pedas dari Korea. Tteokbokki memiliki tekstur kenyal dan nikmat saat dimakan dalam keadaan panas. Dalam penyajiannya, bisa dicampur dengan mie ataupun keju mozarela untuk meredam rasa pedasnya.

Di Indonesia, jajanan ini sudah ada di beberapa gerai resto Korea yang ada di mall atau tempat kuliner lainnya. Harganya bersahabat bagi mahasiswa maupun pelajar. Kamu bisa menikmati tteokbokki sambil berkumpul bersama keluarga maupun teman.


4. Ramyeon

korea
Tak kalah nikmat, ramen juga populer di Indonesia (Foto: Pixabay/dangvan)

Ramyeon atau ramen, makanan khas Korea yang serupa dengan ramen jepang. Perbedaannya berada pada tempat penyajiannya. Ramyeon Korea menggunakan panci yang digunakan untuk memasak mie sekaligus sebagai piring. Kebiasaan orang korea ketika memasak mie, bumbu beserta pelengkap dimasak sekaligus. Sehingga, saat matang bisa dimakan langsung dengan panci masaknya. Rasa dominan pedas dan gurih selalu dihidangkan dalam masakan ramyeon. Bagi warga Indonesia, makanan ini sangat nikmat dan cocok. Oleh karena itu, resto korea telah menjamur di seluruh Indonesia. (Dys)

Baca Juga:

Makanan Bersaus Korea atau Jepang Digemari



Paksi Suryo Raharjo