Makanan ini Harus Kamu Hindari saat Perjalanan Liburan Beberapa jenis makanan bisa bikin perutmu berontak. (foto: pixabay/alfonso escalante)

MENYETOK makanan memang hal sering kali dilakukan saat kamu bersiap untuk berlibur. Namun, ada baiknya kamu perhatikan makanan yang kamu simpan. Jangan sampai perut kamu protes karena makanan yang kamu masukkan ke perutmu.

Seperti dilansir The Travel, berikut beberapa makanan yang harus kamu hindari saat perjalanan liburan.


1. Dendeng

dendeng
Kandungan sodiumnya bikin kembung. (foto: pexels/valeria boltneva)

Makanan ringan yang bisa dijadikan makanan besar ini sepertinya harus kamu hindari, daripada kamu harus ke toilet terus-menerus. Dendeng memang terisi penuh akan tambahan pengawet dan kaya akan sodium yang bisa membuatmu menghabiskan botol minum terlalu cepat saat perjalanan. Selain itu, sodium yang ada di dendeng akan membuatmu begah dan kembung. Jangan sampai kamu telat sampai ke tujuan karena alasan ini.

2. Kacang

kacang
Kacang bikin perut penuh gas. (foto: pexels/pixabay)


Walaupun kacang memang mudah sekali didapat di minimarket ataupun warung terdekat, jangan sampai kamu terlalu banyak menyimpan kacang. Walaupun kacang memang terdiri dari bahan alami, memakan kacang terlalu banyak akan membuat produksi gas di perutmu akan berjalan terus-menerus.

Lebih baik hindari makan banyak kacang daripada mobilmu bau gas yang menyengat. Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi kacang mete dan almon. Kedua jenis kacang itu tidak akan membuatmu kentut terus-menerus kok.

BACA JUGA: Ibu Hamil, 4 Barang Ini Jangan Sampai Tertinggal saat Pergi Liburan


3. Minuman Energi Berkarbonasi

minuman energi
Daripada minuman energi, ganti ke kopi saja. (foto: pexels/rawpixel)


Hindari beberapa minuman energi berkarbonasi, terutama yang memiliki kalori yang cukup tinggi. Walaupun ada minuman ini menambah energimu saat berkendara, minuman berkarbonasi ini akan membuatmu lebih mudah lelah dan akan berakibat kecelakaan. Ada opsi untuk kamu yang masih berkeras ingin meminum minuman energi, kamu bisa menggantinya dengan minuman energi berkalori rendah atau tanpa kalori. Selain itu, kopi juga bisa jadi alternatif baik jika kamu ingin tetap melek saat berkendara.

4. Permen

permen
Kebanyakan gula bikin ngantuk. (foto: pexels/rawpixels)


Beberapa permen harus kamu hindari saat perjalanan, terutama permen yang berasa asam manis. Walaupun rasa asamnya akan meningkatkan energi kamu, mengonsumsi gula yang berlebihan akan membuatmu lebih mudah ngantuk, apalagi jika kamu mengalami gejala seperti gula darah tinggi. Jadi jika kamu ingin yang manis-manis, buah-buahan seperti jeruk ataupun pisang bisa menjadi alternatif untuk kamu.

BACA JUGA: Kamu Penggemar Durian? Yuk Datang ke Pusatnya yang Jadi Langganan Ahok Ini


5. Makanan yang Pedas

makanan pedas
Hindari makanan pedas kalau enggak mau perut bermasalah. (foto: pexels/lovefoodart)


Lebih baik jangan deh! Walaupun rasa enak makanan pedas bisa jadi sahabat terbaik saat perjalanan, kamu tidak ingin kan mengalami mulas terus-menerus? Makanan pedas akan meningkatkan temperatur di badanmu. Hal itu membuatmu mengolah makanan yang kamu konsumsi sebelumnya dengan cepat.(ape)

BACA JUGA: Kota-Kota Ini Cocok Dikunjungi untuk Kamu yang Suka Bersepeda


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH