Kesehatan

Makanan Ini Boleh Dimakan Sebelum Tidur

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 12 Oktober 2020
Makanan Ini Boleh Dimakan Sebelum Tidur
Perut suka lapar sebelum tidur (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio(

TERKADANG perut sulit diajak kompromi ketika menjelang jam tidur. Padahal menurut para pakar kesehatan, makan yang baik adalah 2-4 jam sebelum tidur. Lalu, apa masih boleh menyantap makanan padahal mata sudah sepet?

Ternyata, menurut pakar tidur Sammy Margo, kita boleh makan di saat kondisi ngantuk berat. Tapi ya bukan makanan seperti nasi padang yang boleh dimakan. Ada beberapa makanan sehat yang tidak masalah kamu konsumsi sebelum tidur. Kabar baiknya, makanan ini tidak akan bikin kamu gendut.

Baca juga:

Kualitas Tidur Kini Bisa Dilacak dengan Fitur Baru Apple Watch

Menurut laman Independent, makanan-makanan tersebut misalnya:

1. Pisang

Pisang juga membantu pencernaan (Foto: pixabay/Alicja)

Meskipun umumnya dianggap sebagai makanan penambah energi, pisang kaya akan magnesium yang berfungsi melemaskan otot. Selain itu, pisang mengandung serotonin dan melatonin, yang memaksimalkan tidur

2. Almond

Lebih baik cemilan almond daripada gorengan (Foto: pixabay/stevepb)

Dikenal sebagai sumber lemak sehat yang hebat, almond juga mengandung triptofan dan magnesium. "Keduanya membantu secara alami mengurangi fungsi otot dan saraf sekaligus juga menstabilkan irama jantung Anda," ujar Margo.

Baca juga:

Jangan Tidur Kalau Rambut Masih Basah!

3. Madu

Cukup konsumsi madu satu sendok (Foto: pixabay/fancycrave)

Satu sendok teh madu sudah cukup untuk merangsang pelepasan melatonin di otak dan mematikan orexin (yang membuat kita tetap waspada), sehingga membantu untuk beristirahat.

4. Oats

Oats baik untuk tubuh (Foto: pixabay/sue v67)

Oats atau gandum kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino. Semua kandungan tersebut mampu meningkatkan melatonin yang merangsang tidur. Gandum juga mendorong produksi insulin dan secara alami meningkatkan gula darah.

5. Ayam Kalkun

Kalkun membuat perut kenyang (Foto: pixabay/JESHOOTS.com)

Salah satu sumber triptofan yang paling terkenal ada pada kalkun. Makanan ini merupakan sumber protein yang hebat dan akan membuat merasa kenyang sehingga tidak bangun di malam hari dengan rasa lapar.

Ada yang boleh berarti ada yang tidak boleh. Ketika rasa kantuk berat terjadi dan lapar, jangan mengomsumsi alkohol karena membuat tubuh tidak nyaman. Begitu pula dengan keju yang meningkatkan kewaspadaan otak, sehingga membuat kamu terjaga.

Makanan pedas pantang juga dikonsumsi sebelum tidur karena akan membuat lambung terganggu. Lalu makanan berminyak bisa membuat mulas, dan kafein memacu adrenalin.

Usahakan sebelum tidur pastikan suhu ruangan sejuk atau nyaman, bermeditasi, dan berdoa agar keesokan harinya tubuh merasa fit dan bahagia. (ray)

Baca juga:

Tidur di Lantai Sembuhkan Sakit Punggung, Mitos atau Fakta?

#Makanan #Kesehatan #Tidur
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan