Makanan Ekstrem yang Mungkin Kamu Temukan dalam Melancong Bisa jadi akamu akan menemukan makanan ekstrim dalam pelancongan. (Foto Baraka FM)

SEBENARNYA makanan-makanan ini di Indonesia sudah umum. Seperti terpedo yang berbahan dasar dari alat kelamin kambing jantan, kemudian ciu yang minuman yang di dalamnya terdapat embrio atau janin kijang sampai kelelawar yang banyak dikonsumsi di daerah Sulawesi Utara.

Bisa jadi kalau kamu berlibur ke luar negeri bukan mustahil akan menemukan menu-menu ekstrim seperti itu. Berikut beberapa makanan ekstrim menurut laman the drink business.


1. Terpedo Kerbau

torpedo
Torpedo Kerbau (Foto The Pizzle)

Menu makanan ini dipercaya berkhasiat memberikan kesehatan dan kekuatan. Logikanya makanan ini protein tanpa ada lemak. Jika kamu berlibur ke Beijing kamu dapat menemukan makanan ini di restoran bernama Guolizhuang. Resto itu sudah dipercaya oleh masyarakat Tiongkok untuk mengolah berbagai jenis torpedo hewan, mulai dari banteng, kerbau, anjing laut, bahkan ular.


2. Casu Marzu

keju
Casu Marzu (Keju Busuk) (Foto GodSaveThePoints)

Makanan ini berasal dari keju yang terbuat dari susu domba. Apa istimewanya? Keju itu sudah dalam tahap pembusukan sehingga terdapat belatung hidup di dalamnya. Namun ini yang kemudian menjadi favorit orang. Ini merupakan fermentasi tingkat lanjut untuk mengurai lemak yang ada pada keju. Selain itu dengan adanya larva dalam keju akan membuat keju matang melampaui batasnya.

3. Telur Abad

telur
Telur Abad (Foto HealthyThaiRecipe)


Telur ini dibuat dengan cara mengawetkannya selama berbulan-bulan. Telur yang digunakan beragam, seperti telur bebek, ayam, atau puyuh. Telur itu dilapisi dengan campuran tanah liat, abu gosok, garam, dan bulir padi. Kemudian diperam selama beberapa bulan. Proses tersebut menyebabkan kuning telur berubah menjadi warna hijau tua atau abu-abu dan menciptakan rasa yang pedas. Namun untuk putih telur berubah menjadi warna cokelat gelap sedikit transparan. Jika kamu ingin mencoba makanan ini kamu bisa pergi berlibur ke negara Tiongkok karena disana sangat banyak yang menjual telur ini.


4. Kelalawar Goreng

kelelawar
Kelalawar Goreng (Foto Taysbucketlist)

Makanan ini memiliki kandungan lemak yang rendah dan protein yang tinggi. Namun, seorang juru masak yang pernah memasak kelalawar ini mengatakan bahwa hewan ini mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Biasanya untuk memasaknya dengan mencampur bir, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. The Oxford Companion mengungkapkan kalau rasa daging kelalawar mirip dengan daging ayam. Selain itu kelelawar dianggap hewan bersih yang memakan buah-buahan.


5. Anggur Tikus

anggur
(Foto UMGAS)

Seperti namanya minuman ini dibuat dengan memasukkan tikus hidup yang baru berumur dua hari ke dalam botol anggur beras. Kemudian membiarkannya berfermentasi selama satu tahun. Minuman yang mudah dijumpai di Tiongkok dan Korea ini dipercaya sebagai minuman kesehatan. Selain itu minuman ini ampuh untuk pengidap asma hingga penyakit hati. Setelah minuman ini habis tikus dalam botol sering dimakan. (ape)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH