Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah Bagus untuk yang Berpuasa

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 29 Mei 2017
Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah Bagus untuk yang Berpuasa
Ilustrasi (turkiyegazetesi.com)

Puasa memang terkadang membuat seseorang menjadi lemas dan tidak bersemangat. Hal ini lantaran asupan energi yang berasal makanan dan minuman berkurang. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Himpunan Mahasiswa (HIMA) Ilmu Gizi IPB memberikan tips agar bisa tetap bersemangat meskipun menjalani uasa seharian.

Pada twitternya, @HIMAGIZI, HIMAGIZI IBP mengatakan bila orang yang berpuasa sangat baik mengkonsumsi makanan yang mengandung Indeks Glikemik (IG) rendah. Hal tersebut lantaran IG rendah mampu mengendalikan selera makan dan menunda rasa lapar saat puasa.

"Indeks Glikemik (IG) adalah nilai yang menggambarkan laju peningkatan kadar glukosa darah setelah mengonsumsi pangan yang mengandung karbohidrat," tulis HIMAGIZI IBP di twitternya.

HIMAGIZI IBP melanjutkan, untuk makanan yang memiliki Indeks Glikemik rendah Anda bisa mendapatkannya di beras pera, beras merah, talas, tortilla gandum, wortel, kacang-kacangan, pear, apel dan fettucini.

ilustrasi (pexels.com)

Selain bagus bagi orang yang sedang berpuasa, IG rendah juga sangat bagus untuk orang-orang penderita Diabetes Melitus (DM). Sedangkan untuk IG sedang hingga tinggi sangat baik untuk olahragawan dan individu dalam tumbuh kembang.

"Berdasarkan nilai IG-nya, bahan pangan diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yaitu IG tinggi (>70), sedang (55-70), dan rendah (<55). IG pada bahan pangan dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain cara pengolahan, rasio amilosa-amilopektin, dan kandungan serat pangan," katanya.

Sahabat merahputih, itulah alasan saran dari HIMAGIZI agar puasa Anda tetap bersemangat karena mampu menahan dan menunda lapar saat berpuasa.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Jurus Jitu Tahan Haus Selagi Puasa

#Tips Puasa #Tips Ramadan #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan