Makanan dan Minuman yang Perlu Kamu Hindari Setelah Mabuk Alkohol Makanan dan minuman yang harus dihindari setelah minum alkohol (foto: pixabay/Free-Photos)

MALAM Minggu nih, Apakah kamu sudah punya acara dengan teman-temanmu? Kalau biasanya kamu sering meminum minuman beralkohol untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman, coba deh perhatikan beberapa makanan ini. Sebaiknya kamu menghindari makanan dan minuman ini ya setelah mabuk alkohol, karena akan semakin membahayakan kesehatanmu. Berikut makanan dan minuman yang perlu kamu hindari setelah mabuk alkohol.

1. Makanan yang berminyak

Makanan dan Minuman yang Perlu Kamu Hindari Setelah Mabuk Alkohol
Tubuh tidak bisa memproses minyak dan alkohol dalam waktu bersamaan (foto: pixabay/StockSnap)


Setelah mabuk alkohol, jangan langsung memakan makanan yang digoreng dan penuh minyak. Karena di dalam tubuhmu masih ada kandungan alkoholnya. Jika kamu memakan makanan berminyak setelahnya, justru efek mabukmu akan semakin lama.

Selain itu, Ali Tager, ahli gizi dari Institute for Integrative Nutrition mengatakan kepada Insider bahwa mengonsumsi makanan berminyak setelah minum alkohol adalah hal yang sangat buruk. Karena alkohol dipecah melalui jalur metabolisme yang sama dengan lemak.

Jadi tubuh kamu engak bisa mencerna makanan berminyak dan alkohol pada saat yang sama. Hasilnya? Tubuhmu akan menyimpan semakin banyak lemak.

2. Makanan dengan kandungan protein tinggi

Makanan dan Minuman yang Perlu Kamu Hindari Setelah Mabuk Alkohol
Hindari makan makanan yang berprotein tinggi (foto: pixabay/stevepb)


Setelah mengonsumsi alkohol, gula darah dalam tubuhmu akan menurun. Makanya setelah minum alkohol jangan makan makanan dengan rasio protein yang tinggi.

Tager menambahkan bahwa kamu harus memastikan kamu memakan makanan yang karbohidrat dan proteinya seimbang agar tetap sehat.

Jadi lebih baik pilih makanan seperti oatmeal, bubur, dan makanan lembut yang mudah diolah. Kalau bisa makan protein tanpa lemak, seperti ayam, ubi, beras merah, dan lainnya.

3. Jus jeruk dan kopi

Makanan dan Minuman yang Perlu Kamu Hindari Setelah Mabuk Alkohol
Kandungan asam dalam jeruk akan menyakiti lambung (foto: pixabay/stevepb)


Jangan minum jus jeruk dan kopi setelah kamu mabuk alkohol! Pokoknya jangan. Kandungan asam di jeruk bisa memberikan efek acidic yang asam dan membuatmu lambungmu perih.

Apalagi setelah mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak, efek asam dari jeruk ini bisa menyakiti lambungmu.

Selain jus jeruk, meminum kopi setelah mabuk akan memperburuk keadaanmu lo. Kandungan kafein yang ada pada kopi bisa menurunkan kadar air di tubuhmu dan bisa membuatmu dehidrasi. Makanya, setelah mabuk lebih baik minum air saja yang banyak.

Ingat ya! Hindari makanan dan minuman di atas agar tidak memperburuk keadaan mabukmu. (sam)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH