Kesehatan

Makanan dan Minuman yang Mempersingkat Hidup

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 20 Juni 2022
Makanan dan Minuman yang Mempersingkat Hidup
Jangan pernah mengonsumsi alkohol. (Foto: Unsplash/Julia Nastogadka)

SEMUA orang pastinya ingin tahu rahasia di balik hidup dengan usia yang lebih lama. Meskipun tidak ada yang tahu alasan pasti apa yang dapat membantu seseorang memiliki umur Panjang.

Tetapi menjalani pola hidup sehat dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman secara sembarang adalah satu hal yang pasti membantu kamu memperpanjang umur.

Baca Juga:

Makanan Sehat Ini Jadi Sumber Penyakit Jika Dikonsumsi Berlebihan

Namun, seperti dilaporkan Health, beberapa makanan dan minuman sebenarnya dapat merusak peluang kamu untuk memiliki umur panjang dengan mengacaukan komponen dalam sel yang disebut telomer. Masalahnya, saat sel bereplikasi, telomer menjadi lebih pendek dari waktu ke waktu, demikian menurut Ilmu Kesehatan Universitas Utah.

Saat telomer memendek, hal itu dapat memicu sel untuk tidak berfungsi dan mati. Lalu telomer yang lebih pendek telah dikaitkan dengan kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.

Ada makanan dan minuman yang dapat menyebabkan pemendekan telomer. Oleh karena itu, segera batasi makanan dan minuman ini, misalnya:

1. Soda

Minuman bersoda merupakan musuh besar bagi telomer. (Foto: Unsplash/Blake Wisz)

Soda manis merupakan musuh besar bagi telomer. Sebuah studi baru-baru ini terhadap 5.309 orang dewasa di American Journal of Public Health menemukan bahwa porsi 20 ons soda setiap hari dikaitkan dengan 4,6 tahun penuaan.

Sementara itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa meminum soda diet setiap hari dikaitkan dengan risiko 67 persen lebih besar terkena diabetes tipe 2. Pemanis buatan juga dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi gula.

2. Daging

Hamburger telah lama dikaitkan dengan penyakit jantung dan kanker. (Foto: Unsplash/@mashkov)

Larangan lain untuk telomer adalah daging olahan, seperti hot dog dan pepperoni. Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi satu atau lebih porsi daging olahan setiap minggu memiliki telomer yang lebih pendek daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Baca Juga:

Makan Jeroan Terlalu Sering Bisa Mengancam Kesehatan

Semetara itu, asupan daging merah yang lebih tinggi, seperti hamburger dan steak, juga telah lama dikaitkan dengan penyakit jantung dan kanker, yang pada akhirnya dapat dikaitkan dengan efeknya pada telomer.

3. Alkohol

Alkohol dianggap dapat mempercepat pemendekan telomer. (Foto: Unsplash/Julia Nastogadka)

Seperti daging merah, alkohol juga mendapatkan reputasi buruk karena hubungannya dengan kondisi kesehatan kronis. Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan American Association for Cancer Research 2010 menemukan alkohol juga dapat mempercepat pemendekan telomer.

Para peneliti mengamati DNA serum individu yang menyalahgunakan alkohol (22 persen minum empat atau lebih minuman per hari) dan mereka yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang, dapat menyebabkan telomer secara dramatis lebih pendek. (ref)

Baca Juga:

Perpaduan Cita Rasa Jawa Barat dan Yogyakarta dalam Celetot

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan