Makanan dan Minuman yang Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur Mengatur pola makan untuk meningkatkan kualitas tidur. (Foto: Unsplash/zhang kaiyv)

KUALITAS tidur yang baik sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Kamu membutuhkan tidur yang nyenyak 7 sampai 9 jam. Bahkan tidur yang cukup juga membantu mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit kronis dan akan meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Salah satunya adalah mengatur pola makanmu. Dilansir dari Healthline.com, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang mampu untuk meningkatkan kualitas tidurmu.

Baca Juga:

Parahnya Bahaya dari Tidur Kelamaan, Bikin Kamu Cepat-cepat Bangun

1. Almond

makan
Almond menjadi salah satu kacang yang mampu meningkatkan kualitas tidur. (Foto: Unsplash/Ignacio F)


Kacang Almond dikenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain bisa mencegah risiko penyakit diabetes dan jantung, kacang yang satu ini juga kaya serat dan antioksidan. Mulai sekarang kamu juga bisa mengatur pola makan malam sebelum tidur dengan kacang Almond. Ternyata kacang Almond merupakan sumber hormon Melatonin, hormon yang dapat mengatur jam tidur dalam tubuhmu. Untuk itu cukup mengonsumsi satu genggaman atau sekitar 28 gram sebelum tidur.

2. Teh chamomile

makan
Teh Chamomile menjadi teh herbal yang memiliki banyak manfaat. (Foto: Unsplash/Tea Creative)


Pasti sering kan mendengar teh herbal yang satu ini. Teh Chamomile memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, di dalam teh herbal ini juga mengandung apigenin, antioksidan yang bisa meningkatkan rasa kantuk dan juga mencegah insomnia. Laman Healthline.com juga menyebutkan dengan meminum teh Chamomile akan mengurangi terjadinya gejala depresi yang biasanya menganggu tidur kita.

3. Kiwi

makan
Kiwi mampu membantu kita tidur lebih cepat. (Foto: Unsplash/engin akyurt)

Buah yang satu ini menjadi rekomendasi untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Beberapa penelitian telah membuktikan mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur dapat membuat kita tidur lebih cepat. Efek ini sering dikaitkan dengan Serotonin, sebuah zat di dalam otak yang mampu membantu mengatur siklus tidur menjadi lebih baik.

4. Nasi putih

makan
Konsumsi satu jam sebelum tidur. (Foto: Unsplash/mgg vitchakorn)


Nasi putih menjadi salah satu sumber karbohidrat yang paling sering dikonsumsi. Namun, untuk mengonsumsinya dianjurkan satu jam sebelum tidur agar meningkatkan kualitas tidurmu. Tentunya dalam porsi sedang karena nasi putih bisa meningkatkan gula darah, rendah nutrisi, dan rendah serat. (ren)

Baca Juga:


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH