Makanan Bernutrisi yang Diperlukan Saat Alami Patah Tulang Perlu makanan bernutrisi untuk menyembuhkan tulang yang patah. (Foto: Auto Accident)

BEBERAPA gejala penyakit yang kita alami bisa disembuhkan dengan obat-obatan atau makanan tertentu. Tak terkecuali ketika kita mengalami patah tulang karena kecelakaan atau ketidaksengajaan.

Ketika mengalami patah tulang, kita mungkin akan menjerit karena merasa kesakitan. Butuh waktu lama untuk membuat tulang yang patah pulih kembali. Selain obat dari dokter, disarankan bagi mereka yang patah tulang untuk mengonsumsi makanan bernutrisi agar proses pemulihan lebih cepat.

Baca juga:

Pantang Dibuang, Simpanlah Makanan Berlebih dengan Cara Ini

Dilansir dari beberapa sumber, berikut makanan bernutrisi yang bisa dikonsumsi untuk mempercepat proses pemulihan patah tulang.

1. Kalsium

Kalsium punya peran penting dalam pembentukan tulang. (Foto: Pixabay/silviarita)
Kalsium punya peran penting dalam pembentukan tulang. (Foto: Pixabay/silviarita)

Seperti yang kita ketahui, kalsium sangat erat hubungannya dengan tulang. Kalsium akan membantu proses pertumbuhan tulang yang patah menjadi lebih cepat. Oleh karenanya, makanan yang memiliki kalsium tinggi cocok untuk dikonsumsi penderita patah tulang.

Beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi antara lain, susu, sayuran, kacang-kacangan, keju, yoghurt, ikan, dan lain sebagainya. Tapi jika kamu merasa itu repot, bisa membeli suplemen yang mengandung banyak kalsium.

2. Vitamin C

Jeruk menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin C. (Foto: PIxabay/2013)
Jeruk menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin C. (Foto: PIxabay/2013)

Tidak hanya membuat kulit menjadi sehat dan meningkatkan daya tubuh saja, ternyata vitamin C dapat memproduksi kalogen yang membantu pertumbuhan tulang baru.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, tomat, stroberi, kentang, brokoli, dan sayuran lainnya. Perlu diingat, jangan mengolah sayuran terlalu matang sebab akan membuat kandungan vitamin C di dalamnya menjadi hilang.

3. Vitamin D

Vitamin D dapat membangun mineral pada tulang. (Foto: HealthifyMe)
Vitamin D dapat membangun mineral pada tulang. (Foto: HealthifyMe)

Vitamin D mampu membantu menyembuhkan tulang dan membantu darah dalam membangun mineral pada tulang. Selain itu, kamu bisa mendapatkan vitamin D secara gratis dengan berdiri di bawah sinar matahari.

Baca juga:

Menghindari Asupan Karbohidrat Ternyata Berbahaya bagi Tubuh

Vitamin D juga bisa ditemukan di beberapa makanan seperti kuning telur, ikan salmon, jus jeruk, sarden, udang, susu kedelai, dan hati hewan ternak.

4. Magnesium

50 persen magnesium ada di dalam tulang. (Foto: HealthifyMe)
50 persen magnesium ada di dalam tulang. (Foto: HealthifyMe)

Hampir 50 persen magnesium berada di dalam tulang. Tentunya, magnesium memiliki peran penting untuk pembentukan tulang dengan fosfor dan kalsium. Beberapa makanan yang mengandung magnesium diantaranya bayam, buncis, alpukat, pisang, ikan salmon, susu, kacang kedelai dan biji gandum utuh.

Selain berperan penting bagi tulang, magnesium ternyata banyak manfaatnya seperti menetralkan asam lambung, melancarkan tinja di dalam usus, dan membantu proses ekskresi.

5. Fosfor

85 persen tubuh kita mengandung fosfor di dalam tulang. (Foto: Organic Facts)
85 persen tubuh kita mengandung fosfor di dalam tulang. (Foto: Organic Facts)

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan fosfor. Fosfor merupakan mineral yang penting untuk membantu memperkuat tulang. Hampir 85 persen tubuh kita terdapat fosfor yang tersimpan di dalam tulang dan gigi.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan fosfor melalui makanan berikut ini seperti, telur, susu, daging ayam dan ikan, kentang, bawang putih, yoghurt, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa makanan yang diperlukan bagi para penderita patah tulang. Perlu nutrisi khusus untuk memperbaiki dan memperkuat tulang kembali. Tak hanya saat pada patah tulang saja, makanan-makanan tersebut juga harus dikonsumsi secara rutin agar menjadi lebih sehat. (And)

Baca juga:

Ternyata, Ada Pesan di Balik Posisi Jerawat


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH