Kuliner

Makanan Berbahan Labu Kuning yang Pas untuk Camilan, Cobain Yuk!

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 29 Oktober 2019
Makanan Berbahan Labu Kuning yang Pas untuk Camilan, Cobain Yuk!
Labu kuning lezat diolah jadi camilan bernutrisi. (foto: hot chocolate hits)

LABU yang termasuk golongan buah-buahan ternyata memiliki banyak nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Dengan segala nutrisi yang ada, labu juga sangat bagus untuk tubuh. Bagusnya lagi, labu tak kalah lezat untuk dijadikan olahan makanan. Tak seperti buah lainnya, labu harus diolah terlebih dahulu, seperti direbus atau dikukus agar dapat dikonsumsi.

Jika kamu tidak suka untuk mengonsumsi buahnya langsung, mungkin beberapa makanan dengan olahan labu ini bisa membuatmu ketagihan. Kabar baiknya, buat kamu yang sedang melakukan diet, tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya karena labu memiliki kalori yang rendah. Dihimpun dari beberapa sumber, berikut lima makanan yang bisa diolah dari labu.

BACA JUGA: Tak hanya untuk Dekorasi, si Kuning Cerah Labu Banyak Manfaatnya Loh

1. Donat labu

donat labu
Tak kalah enak dari donat biasa. (foto: straitsroadkitchen)


Umumnnya, donat terbuat dari bahan dasar kentang, ubi, atau tepung terigu. Namun, donat juga bisa diolah dari bahan dasar labu. Proses pembuatannya hampir sama dengan donat pada umumnya. Hanya saja ada penambahan bahan seperti labu yang sudah dihaluskan, tepung terigu, air, susu bubuk, mentega, garam, telur, gula, dan ragi. Cara mengolahnya pun juga sama. Setelah donat selesai digoreng, kamu bisa menambahkan topping sesuai seleramu.

2. Puding labu

puding labu
Makanan kenyal dan segar. (foto: homemade nutrition)


Bagi kamu yang ingin menyantap makanan kenyal dan segar, puding labu bisa jadi salah satu pilihannya. Kamu hanya perlu menyiapkan agar-agar bubuk plain, vanili, gula, santan, air, dan labu yang sudah dikukus. Hal pertama yang harus dilakukan ialah menghaluskan labu dan santan dengan cara diblender.

Setelah itu, campur dengan air, agar-agar bubuk, air, dan vanili. Setelah semua tercampur rata, masak adonan hingga mendidih. Kemudian tuangkan ke dalam cetakan dan diamkan hingga dingin di dalam kulkas. Kamu juga bisa menambahkan topping favoritmu!

3. Kue lumpur labu kuning

kue lumpur labu
Kue tradisional yang digemari. (foto: busybeta)


Makanan ini sudah menjadi jajanan tradisional yang terkenal dari zaman ke zaman. Bahan yang digunakan ialah labu yang sudah dikukus, telur, tepung, margarin, vanili, gula pasir, kismis, dan santan. Buat adonan dari bahan-bahan tersebut kemudian panaskan loyang dan tuangkan hingga memenuhi cetakan. Jangan lupa untuk menambahkan kismis di atasnya. Tunggu hingga matang, dan kue lumpur labu kuning siap disajikan.

4. Labu kuning goreng

labu kuning goreng
Mudah membuatnya. (foto: a dash of olive oil)


Labu kuning juga bisa digoreng. Bahan-bahannya ialah labu yang sudah dikukus, tepung terigu, gula, garam, dan minyak goreng. Caranya hampir sama dengan membuat pisang goreng. Campurkan tepung terigu dengan garam, air, gula. Hindari adonan yang terlalu kental atau encer. Setelah itu, tambahkan labu kuning ke dalam adonan tersebut. Kemudian goreng dan tunggu hingga kuning kecokelatan. Tunggu beberapa saat hingga labu kuning goreng siap disajikan. Ternyata mudah ya!

5. Bolu labu kuning

bolu labu kuning
Warna bolu akan terlihat cantik. (foto: Instagram @she_masyitah)


Selain donat, labu juga bisa disajikan dalam bentuk bolu. Siapkan bahan-bahan berupa telur, gula, labu yang sudah dikukus, tepung terigu, dan mentega. Aduk telur dan gula dengan mixer hingga mengembang.

Setelah itu, tambahkan labu dan tepung terigu lalu aduk dengan kecepatan yang lebih rendah. Masukkan mentega, dan aduk hingga merata. Panggang dengan api kecil selama 40 sampai 60 menit. Bolu labu kuning siap disajikan.(And)

BACA JUGA: Mereka yang Muda, Keren, dan Bertani

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan