Makan Siang Hangat dengan Soto Khas Nusantara Di kala hujan dan cuaca dingin, makan soto paling pas. (foto: Instagram @soto_ahri)

SAAT musim penghujan mulai datang, terkadang cuaca bisa terasa amat dingin. Hal itu bikin selera makan kamu juga berubah. Saat cuaca dingin melanda, pastilah sajian hangat berkuah jadi incaran kamu yang. Soto bisa jadi pilihan yang enak. Hidangan berkuah yang lezat nan gurih ini dilengkapi berbagai macam isian, mulai dari sohun, daging ayam, hingga kerupuk.

Di Indonesia, soto dibuat dengan banyak variasi. Hampir semua daerah di Indonesia punya sajian soto dengan nama kedaerahan di belakangnya, semisal soto Lamongan yang nikmat itu.

BACA JUGA: Pecel, Salad Sayuran yang Indonesia Banget

Dari sekian banyak soto yang ada di Nusantara, 5 soto khas Nusantara berikut ini bisa jadi inspirasi untuk menu sahur perdana kamu tahun ini.


1. Soto Betawi

soto betawi
Kuah soto Betawi gurih karena memakai santan atau susu. (foto: Instagram @menudaily.id)


Buat kamu warga Ibu Kota, soto khas Betawi ini sudah pasti enggak asing lagi. Rasanya gurih lezat. Soto Betawi dibuat dari bahan daging sapi, biasanya bagian sandung lamur. Kuahnya putih karena penggunaan susu. Namun, biasanya kuah susu diganti menggunakan santan.

Bahan kuah itulah yang membuat soto Betawi punya memiliki rasa yang enak dan gurih. Penambahan pala, cengkih, dan kapulaga membuat soto ini makin nikmat. Kenikmatan soto Betawi makin lengkap dengan tambahan emping, acar timun, dan kucuran jeruk limau. Jangan lupa, kasi sedikit sambal. Sedap!

2. Soto Bandung

soto bandung
Soto Bandung punya kuah gurih dengan taburan kedelai goreng. (foto: Instagram @chiauling09)


Berbeda dengan soto Betawi yang berkuah santan, soto Bandung berkuah bening. Rasa nikmat didapat dari kuah kaldu daging sapi.

Soto Bandung disajikan dengan irisan lobak dan taburan kacang kedelai. Makin wangi dengan ditaburi irisan tipis daun seledri.

3. Soto Banjar

soto banjar
Kalimantan punya soto Banjar yang nikmat. (foto: Instagram @astarabalikpapan)

Enggak cuma di Pulau Jawa, soto juga dikenal di Pulau Kalimantan. Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan punya soto Banjar yang nikmat. Yang unik dari soto ini ialah bumbu rempah yang komplet dan gerusan kacang kenari dalam kuahnya.

Biar nikmat, soto Banjar dinikmati bersama ketupat atau lontong, rebusan telur, dan perkedel.

4. Soto Ambengan

soto ambengan
Ada taburan koya di atas soto Ambengan. (foto: Instagram @lamongankulinersoto)


Buat kamu penyuka kuah ekstra gurih, soto Ambengan pasti jadi favoritmu. Penambahan koya di atas sajian soto membuat kuahnya jadi sedikit kental dan ekstra gurih. Nyam!

Koya dibuat dari bawang goreng garing yang dicampur dengan kerupuk udang lalu dihaluskan. Campuran koya membuat kuah soto ini sedikit agak keruh. Meskipun begitu, rasa gurih dari koya yang bercampur jadi satu dengan kuah, menghasilkan cita rasa yang nikmat banget.


5. Soto Padang

soto padang
Soto Padang disajikan dengan potongan daging yang digoreng kering. (foto: Instagram @seputar_kuliner)


Makanan apa sih yang enggak enak dari Ranah Minang? Rasanya segala sajian dari Minang ssanggup menggoyang lidah, termasuk sotonya. Perbedaan paling jelas dari soto Padang ialah potongan daging sapinya yang digoreng kering sebelum disajikan bersama kuah dan isian seperti sohun. Jangan lupa, nikmati soto ini bersama perkedel kentang dan sambal merah khas Padang.

Wah, nikmat dan menggugah selera semua kan? Soto mana yang kamu pilih?(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH