Makan di Warteg Tak Bayar, Kolonel TNI Gadungan Diciduk Kolonel TNI gadungan Gusti Aji saat diamankan aparat TNI Garnisun 0508/Depok. (Istimewa)

MerahPutih.com - Seorang lelaki di Kota Depok, Jawa Barat, terpaksa berurusan dengan aparat lantaran nekat mengaku-ngaku sebagai anggota TNI berpangkat kolonel. Tak hanya itu, ia pun seringkali makan tak bayar di warung soto maupun warung Tegal (warteg) dengan menggunakan 'jabatan' palsunya tersebut.

Lelaki yang bernama Gusti Aji dengan potongan rambut cepak kini hanya diam membisu ketika diciduk aparat TNI Garnisun 0508/Depok.

Berdasarkan hasil penyelidikan, diketahui selain kerap makan tidak bayar, pelaku juga telah menikahi pemilik warteg secara nikah sirri. Ironisnya, hal tersebut sudah dilakoninya selama lebih dari lima bulan.

Komandan Kodim 0508 Depok Letkol Inf Iskandar mengatakan, kasus tersebut akhirnya terbongkar bermula dari kecurigaan sejumlah saksi yang melihat pelaku kerap kali makan di warteg kemudian kembali ke kontrakan tanpa pernah bertugas.

"Jadi, kasus ini terungkap karena para saksi merasa curiga karena pelaku tidak pernah dinas. Padahal yang bersangkutan mengaku sebagai kolonel di Mabes TNI. Selama ini, dia hanya makan dan tinggal di kontrakan tak jauh dari warteg," kata Iskandar kepada wartawan di Depok, Kamis (11/1).

Selain meringkus pelaku, petugas juga berhasil menyita sejumlah atribut kelengkapan TNI mulai dari seragam dinas, baret kopassus, sangkur, pangkat, hingga tiga pucuk pistol yang ternyata hanyalah korek gas.

"Pengakuannya barang-barang tersebut ia beli dari seorang pedagang. Katanya sudah lima bulan ngaku jadi tentara," kata Iskandar.

Atas perbuatannya itu, Gusti pun kini bakal digelandang ke Polresta Depok untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kami juga mengimbau pada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan seseorang yang mengaku aparat. Laporkan jika ada yang dirasa mencurigakan," katanya. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH