Makam untuk Sutopo Sudah Digali di Boyolali, Istri Ingin Dimakamkan di Jakarta Rumah duka di Kampung Surodadi RT 07 /RW 09, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (7/7) (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Keluarga almarhum Sutopo Purwo Nugroho memastikan pemakaman Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu dilakukan di TPU Sonoloyu, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7) siang. Kedua orang tua Sutopo, Suharsono (75) dan Sri Rusmandari (65) langsung terbang ke Jakarta mengurus pemulangan jenazah Sutopo dari China.

Pantauan Merahputih.com di rumah duka, sejumlah tetangga, sukarelawan kebencanaan dan anggota BPBD Soloraya tampak melayat dan membantu dalam pemasangan tenda. Karangan bunga ucapan bela sungkawa belum tampak di rumah duka.

BACA JUGA: Sore Ini Jenazah Sutopo Purwo Nugroho Diterbangkan ke Indonesia

Adik ipar Sutopo, Ahmad Jatmiko (50), mengatakan kedua orang tua Sutopo terbang ke Jakarta melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, pukul 04.00 WIB untuk mengurusi pemulangan jenazah. Keluarga di Boyolali baru dapat kabar duka meninggalkan Sutopo dari BNPB pada pagi tadi pukul 02.00 WIB.

rumah sutopo
Rumah duka di Kampung Surodadi RT 07 /RW 09, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (7/7) (MP/Ismail)

"Adik Sutopo, Rinini Satiti Wulandari yang tak lain adalah istri saya juga ikut mendampingi terbang ke Jakarta," ujar Jatmiko kepada Merahputih.com di rumah duka di Kampung Surodadi RT 07 /RW 09, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (7/7).

Keluarga akan memakamkan Sutopo di TPU Sonoloyu, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7). Lokasi rumah duka dengan TPU sekitar 500 meter. "Kami berduka atas meninggalnya Sutopo. Persiapan pemakaan saat ini masih dilakukan dengan memasang tenda bagi pelayat," kata dia.

Ahmad Jatmiko (50) memberikan keterangan terkait meninggalnya Sutopo di rumah duka di Kampung Surodadi RT 07 /RW 09, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (7/7). (MP/Ismail)

Dia menjeskan kedua orang tua Sutopo menghendaki agar dimakamkan di Boyolali meskipun dari istri Sutopo, Retno Utami Yulianingsih ingin memakamkan di Jakarta. "Keluarga sudah menyiapkan makam di TPU Sonolayu, Boyolali yang sudah selesai digali. Kami sekarang tinggal menunggu kabar dari Jakarta terkait waktu pemulangan," kata dia.

Butuh waktu sembilan jam untuk memulangan jenazah dari China ke Indonesia. Sutopo terakhir pulang ke kampung halaman tiga bulan lalu saat bertugas di Yogyakarta setelah itu mampir ke rumah bertemu dengan kedua orang tuanya.

BACA JUGA: BNPB: Pak Topo Pahlawan Kemanusiaan

"Sutopo meninggalkan dua anak bernama Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho," kata dia.

Jatmiko memgatakan, Sutopo pernah bercerita kalau diam di rumah justru sakit kanker terasa sakit sehingga pilih kerja agar sakitnya tidak terasa. Sakit kanker dirasakan Sutopo selama 1,5 tahun. (Ism)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH