Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim di Gresik Dibanjiri Ribuan Peziarah

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 16 Februari 2017
Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim di Gresik Dibanjiri Ribuan Peziarah
Ribuan peziarah di makam Syeh Maulana Malik Ibrahim, Gresik, Jawa Timur. (Foto MP/Mauritz)

Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim, satu dari sembilan wali atau yang dikenal dengan Wali Songo, tak pernah sepi. Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim menjadi objek wisata religi bagi para peziarah dari berbagai daerah di Indonesia.

Area pemakaman Syeh Maulana Malik Ibrahim yang berada tepat dipusat Kota, tepatnya di Jalan Malik Ibrahim, Gresik, Jawa Timur itu, selalu dikunjungi ribuan peziarah setiap harinya, mulai pagi hingga malam hari tak pernah sepi oleh peziarah yang datang berkunjung.

Ahmad Fatoni, salah seorang penjaga makam Syeh Maulana Malik Ibrahim menuturkan, setiap hari tidak kurang 5.000 orang peziarah datang ke makam Syeh Maulana Malik Ibrahim. Bahkan, jika hari libur jumlahnya bisa meningkat hingga tiga kali lipatnya.

"Kalau hari biasa, peziarah yang yang kemari jumlahnya antara 5 ribu sampai 10 ribu. Tapi kalau pas hari libur nasional, apalagi hari libur Islam jumlahnya bisa mencapai 30 hingga 50 ribu peziarah," katanya.

Menurutnya, para peziarah yang datang tidak hanya warga Gresik sini saja, namun juga dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti, dari, Malang, Sidoarjo, Magelang, Banyumas, Lampung, bahkan dari luar negri.

"Dari Malaysia juga pernah ada rombongan satu bus," ujarnya.

Saat di tanya tujuan peziarah datang ke makam Syeh Maulana Malik Ibrahim, Ahmad Fatoni menjelaskan bahwa mereka yang datang untuk berdoa atau mendoakan yang sudah meninggal ini. Sebab, menurut para peziarah, jasa Syeh Maulana Malik Ibrahim ini, mereka anggap sangat besarnya, terutama dalam hal menyebarkan agama Islam.

"Namun, ada juga yang ingin tau makam dan sejarah tetang sosoknya itu siapa," imbuhnya.

"Kalau ditanya ada ga yang sampai menginap dimakam, itu tidak ada. Karena, kita juga melarang takut disalah gunakan untuk maksud-maksud yang tidak baik dan dilarang oleh agama," tukasnya.

Artikel ini berdasarkan liputan Mauritz, kontributor atau reporter merahputih.com yang bertugas di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Dua Pelaku Begal Tewas Dihajar Massa di Jalur Pantura

#Syeh Maulana Malik Ibrahim #Wisata Gresik #Peziarah Makam #Wali Songo
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan