Maju di Pilkada, Gibran dan Bobby Nasution Dianggap Bagian Politik Dinasti Jokowi Gibran Rakabuming Raka menyampaikan keterangan terkait spanduk dukungan yang muncul di Solo, Jawa Tengah, Senin (23/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Jubir Prabowo Subianto, Dahnil Anzhar Simanjuntak angkat bicara soal isu majunya dua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan sang menantu, Bobby Nasution.

Gibran sudah menyatakan minatnya maju sebagai Wali Kota Solo dan Bobby yakin bisa bersaing di Pilwalkot Medan. Lalu, Dahnil lantas menyinggung soal politik dinasti yang sejatinya kurang baik bagi demokrasi.

Baca Juga

Gibran Harus Berjuang Naikkan Popularitas Jika Maju di Pilwalkot Solo

"Dinasti politik yang harus dilawan itu adalah Dinasti Rente, yang terjun ke politik bermodal hubungan darah dengan sang patron dimana tujuan politiknya sekedar berburu rente.Tak masalah (Gibran) ,Bobby Nasution maju di Pilkada selama memiliki kapasistas dan integritas," kata Dahnil melalui akun Twitternya yang dikutip pada Selasa (8/10).

Jubir Prabowo Subianto, Dahnil Anzhar Simanjuntak
Jubir Prabowo Subianto, Dahnil Anzhar Simanjuntak

Dahnil melanjutkan, mendeteksi gejala politik rente atau dinasti sebetulnya adalah hal mudah.

"Mudah kok mendeteksi apakah itu adalah praktik dinasti politik berwatak rente sehingga pantas disebut Dinasti Rente, atau dinasti politik berwatak altruistik dimana menurunkan tradisi pengabdian kepada publik.Tengok saja track record kerja politik altruistik selama ini yang dilakukan," jelas Dahnil yang dikabarkan maju sebagai Calon Wali Kota Medan ini.

Baca Juga

Resmi Jadi Kader PDIP, Gibran Tanya Syarat Daftar Pilwalkot Solo 2020

Dirinya beranggapan, politik dinasti bisa berbahaya atau malah bisa membuat kebaikan.

"Tahun 2014 yang lalu, saya tuangkan perspektif saya terkait dengan Dinasti Politik yang berwatak Dinasti Rente, ini yamg berbahaya. Namun, ketika tradisi politik altruistik yang diturunkan kepada keluarga yang memiliki kapasitas dan integritas agaknya adalah kebaikan," imbuh Dahnil.

Putra sulung Jokowi saat mendaftarkan diri sebagai Kader PDIP
Gibran Rakabuming Raka saat membuat KTA PDIP di kantor DPC PDIP Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9) (MP/Ismail)

Sehingga, Dahnil meminta kepada Gibran dan Bobby selama yakin punya kemampuan keduanya tak perlu ragu untuk mengikuti konstelasi Pilkada 2020.

Baca Juga

Survei IDM Pilwalkot Medan: Elektabilitas Menantu Jokowi Cuma 5,1 Persen

"Jadi, saran saya selama memiliki kapasitas dan integritas, dan yakin majunya Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution di pilkada sebagai panggilan meneruskan tradisi pengabdian atau watak politik altruistik bukan manifestasi dinasti rente. Maju terus bro. Don't Worry," pungkas Dahnil. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH