Mainan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak Memilih mainan yang tepat untuk si kecil. (Foto: Pixabay/Pexels)

TAK semua mainan memberikan stimulasi yang baik bagi saraf motorik anak. Padahal pendamping bagi perkembangan otak si kecil agar tumbuh dengan optimal bisa berasal dari mainan.

Melatih kecerdasan dengan menggunakan mainan yang unik dan menyenangkan akan membuat anak bahagia ketika belajar sesuatu.


Baca Juga:

Parents, Rangsang Motorik si Kecil dengan Bermain


Melansir dari raisesmartkid.com, mainan akan memenuhi kebutuhan si kecil dalam menggunakan imajinasi dan mengeksplor hal baru. Pemilihan mainan yang tepat, dapat melatih anak dalam menghafal, menghitung, atau membuat sebuah karya seni.


1. Susun balok kayu sederhana

main
Menyusun balok kayu untuk meningkatkan imajinasi anak. (Foto: Pixabay/Counselling)

Balok sederhana seringkali dihiraukan oleh para orangtua. Alasannya karena bentuk yang tidak menarik dan warna kayu yang monoton. Padahal mainan ini berpotensi mengasah imajinasi anak. Benda-benda dengan warna netral bisa meningkatkan imajinasi anak. Selain itu anak juga belajar untuk membangun sesuatu dari pondasi hingga puncak tertinggi.

2. Identifikasi warna

main
Bermain sambil belajar tentang warna. (Foto: Pixabay/gv96)

Mainan identifikasi warna bisa dibuat sendiri di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan kardus bekas serta potongan-potongan kertas warna. Bolongi kardus dan tandai dengan warna-warna senada dengan kertas yang telah tersedia. Ajari anak untuk memasukkan kertas warna ke dalam bolongan dengan warna serupa. Mainan ini bertujuan untuk mengajari anak tentang warna menggunakan cara yang menyenangkan.

3. Memasukkan benda sesuai bentuk

main
Mengajari anak matematika dasar melalui mainan. (Foto: Pixabay/geralt)

Mainan ini hampir sama dengan identifikasi warna. Bedanya si kecil harus memasukkan benda-benda yang bentuknya sama seperti bolongan yang ada pada kardus. Kamu bisa melatih matematika dasar dengan memperkenalkan anak pada bangun ruang menggunakan mainan seru.


Baca Juga:

Bermain dan Belajar Menyenangkan bersama si Kecil


4. Puzzle

main
Mengasah visuopasial melalui puzzle. (Foto: Pixabay/reidy68)


Puzzle sudah dikenal lama sebagai mainan yang mampu mengasah kecerdasan otak. Puzzle dipercaya untuk melatih kemampuan visuopasial anak yaitu menentukan hubungan dari objek, gambar, dan warna dalam sebuah ruang. Pada orangtua sendiri puzzle biasa digunakan untuk melatih memori agar tidak cepat pikun.

5. Sensori play

main
Ajak anak main sensori play di rumah. (Foto: Pixabay/5712495)

Akhir-akhir ini mainan dengan tema sensori play sedang digandrungi para mama muda. Kamu tidak perlu membeli mainan khusus sensori play karena bisa ditemukan di dalam rumah! Berbagai benda bertekstur seperti beras, cat air, atau krim susu bisa digunakan untuk melatif saraf melalui tangan si kecil. Biarkan mereka eksplorasi dengan menyentuh dan menggenggam benda-benda tersebut. (mar)


Baca Juga:

Ubah Kebiasaan Buruk Si Kecil dengan Cara Bijak Ini


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH