Mainan Tradisional Dari Bambu yang Bisa Anda Buat di Rumah Kompetisi bermain Egrang (foto: Biasworo Adisuryanto)

Bagi Anda yang tumbuh dan besar di era sebelum munculnya gadget tentu akan ingat dengan permainan-permainan tradisional seperti, enggrang, congklak, lompat tali hingga gasing. Namun, seiring berkembangnya jaman, permainan tradisional semakin lama mulai tersingkirkan oleh permainan modern.

Membuat alat bermain tradisional pun tidak begitu sulit, bahan baku yang dibutuhkan mudah ditemukan disekitar Anda. Bahkan hanya dengan sebilah bambu Anda bisa membuat beragam permaianan. Bagi yang ingin mengenang kembali bagaimana serunya bermain permainan tradisional, yuk, ikuti bagaimana membuat beberapa permainan tradisional dengan bahan dasar bambu.

Gasing

Gasing Panggal

Gasing biasanya dibuat dari kayu keras, semakin keras kayu yang digunakan semakin bagus pula kualitas gasing tersebut. Meski demikian, Anda juga bisa membuatnya dari bambu. Caranya, potong melintang bambu besar berdinding tipis dan kering. Pada bagian tengah bambu diberi lubang suara dengan cara memotong serong dinding bambu tersebut. Usai membuat bagian utamanya, tutup lubang lingkaran atas bawah bambu dengan sebilah papan. Jangan lupa untuk memberikan tangkai bambu poros. Setelah jadi, Anda tinggal mencari tali untuk memainkannya.

Pletokan

Alat bermain tradisional Pletokan

Permainan ini sangat khas bagi anak-anak di era 90an. Dengan berbahan dasar bambu, pletokan seakan membuat anak berkhayal menjadi tentara. Nama pletokan sendiri berasal dari bunyi yang dihasilkan. Bagi yang ingin membuatnya, caranya mudah. Anda tinggal memotong bambu dengan panjang sekitar 30 cm. Sebisa mungkin cari bambu yang memiliki diameter dalam 1-2 cm. Selanjutnya buat penyodok dari potongan bambu, berikan gagang agar mudah dimainkan. Setelah itu Anda tinggal buat pelurunya dengan kertas basah.

Egrang

Alat bermain tradisional Egrang

Di beberapa daerah egrang cukup populer bahkan hingga sekarang. Permainan yang melatih keseimbangan ini cukup mudah dibuat. Anda tinggal memotong dua bagian bambu sama panjang sekitar 2,5 hingga 3 meter. Setelah itu buat bagian penyangga kaki dengan memotong bambu lainnya dengan ukuran masing-masing 20 cm. Agar memperkuat pijakan kaki, Anda tinggal melubangi bambu yang besar dan masukan bambu yang sudah dipotong tadi. Jangan lupa untung mengikan sambungannya.

Sahabat merahputih, itulah tiga permainan tradisional dari bambu yang bisa Anda buat. Selain bisa bernostalgia, Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk memainkannya.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca 10 Makanan Tradisional Yang Wajib Dicicipi Saat Melancong Ke Eropa



Kapten

LAINNYA DARI MERAH PUTIH