Main TTS Terbukti Bikin Otak Kamu Lebih Muda 10 Tahun Asak dan bikin otak kamu awet muda dengan main TTS atau Sudoku (Foto: home.bt)

APAKAH kamu termasuk tipe orang yang suka membunuh waktu luang dengan bermain puzzle (TTS) atau sudoku? Jika iya, selamat! Artinya, kinerja otak kamu sepuluh tahun lebih muda sehingga performa otak kamu akan lebih baik dibanding orang seusiamu yang tidak suka bermain puzzle dan sudoku.

1. Hasil penelitian tentang puzzle dan sudoku

Main TTS Terbukti Bikin Otak Kamu Lebih Muda 10 Tahun
Puzzle bisa membuat umur otakmu lebih muda. (Foto: MarTech Today)

Dilansir dari International Journal of Geriatric Psychiatry, orang-orang yang berusia diatas 50 tahun yang sering bermain permainan seperti sudoku dan teka-teki silang cenderung memiliki fungsi otak yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukannya.

Hasil penelitian yang didapat dari 19,000 responden yang telah menyelesaikan tes kognitif online menyimpulkan bahwa peningkatan kecepatan serta akurasi kinerja para penyuka puzzle terlihat lebih jelas ketimbang mereka yang tidak pernah menyentuh permainan mengasah otak ini.

Meskipun tidak bisa dipastikan bahwa bermain puzzle bisa mengurangi resiko demensia di kemudian hari, tetapi penelitian ini mendukung penemuan sebelumnya yang mengindikasikan bahwa permainan kata dan angka bisa membantu meningkatkan kinerja otak untuk jangka waktu yang lama.

Dalam tes pengingatan jangka pendek, dikatakan para pemain puzzle memiliki fungsi otak delapan tahun lebih muda. Tidak hanya itu, semakin sering seseorang bermain puzzle, semakin baik performa mereka dalam berbagai tes-tes kecerdasan.

2. Puzzle tidak menyebabkan kemampuan kognitif menjadi lebih baik

Main TTS Terbukti Bikin Otak Kamu Lebih Muda 10 Tahun
Orang dengan kemampuan kognitif kurang cenderung tidak menyukai puzzle. (Foto: sloanreview.mit.edu)

Profesor dari University of South Florida, Dr. Jerri D. Edwards yang telah lama mempelajari tentang ilmu kognitif mengatakan bahwa bermain puzzle yang melibatkan angka dan kata-kata tidak berarti bisa meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Namun Dr, Jerri mengatakan bahwa orang-orang dengan kemampuan kognitif yang lebih baik biasanya menyukai kegiatan ini, dan cenderung untuk lebih terlibat di dalamnya.

Selain itu, orang dengan kemampuan kognitif yang rendah biasanya akan menolak untuk terlibat dalam aktivitas seperti puzzle atau sudoku karena rasa frustasi dan tantangan yang ditimbulkan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ncbi.nlm.nih.gov, dapat juga disimpulkan bahwa kemampuan kognitif yang rendah dapat menyebabkan penurunan kualitas gaya hidup dan aktivitas sosial.

3. Keseimbangan Otak

Main TTS Terbukti Bikin Otak Kamu Lebih Muda 10 Tahun
Seimbangkan kemampuan berpikir dengan latihan otak. (Foto: Mind Lab Pro)

Menurut Dr. Gayatri Devi, puzzle dan berbagai permainan sejenisnya dapat melatih penguatan jaringan otak dan menjadi salah satu cara untuk memperkuat otak.

Untuk meraih keseimbangan otak, triknya adalah dengan terus membuat otak agar tetap tertantang semakin bertambahnya usia jelas Dr. Gayatri.

Kamu tidak harus menjadi seseorang pecinta teka-teki untuk memberikan pelatihan pada otakmu jika kamu tidak terlalu menyukainya. Kamu bisa mencoba mengasah otak dengan melakukan hobi baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya atau coba mempelajari bahasa baru. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH