Main Tenis Bikin Panjang Umur, Apa Iya? Main tenis menambah umur 10 tahun (Foto: Pexels/Oliver Sjostrom)

OLAHRAGA memang memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Beberapa jenis olahraga juga memiliki dampak masing-masing. Meskipun pada intinya olahraga dapat menjaga kebugaran tubuh. Seperti olahraga tenis misalnya.

Melansir Daily Mail, penelitian terbaru mengungkapkan bermain tenis bisa bikin panjang umur. Secara rutin melakukan olahraga ini setidaknya akan menambah umur kamu 10 tahun lebih lama.

Olahraga yang menggunakan raket ini juga disebut lebih baik dibandingkan olahraga lainnya semisal bersepeda, joging, dan berenang. Para ahli sepakat olahraga tenis memiliki aspek sosial yang memainkan peranan besar.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 8.600 orang di Kopenhagen, Denmark. Mereka yang bermain tenis cenderung memiliki harapan hidup lebih lama. Secara detil sebenarnya mereka dapat menambah harapan hidup 9,7 tahun.

Sementara itu olahraga yang juga menggunakan raket, bulutangkis menambah harapan hidup hingga 6,2 tahun. Olahraga sepakbola juga memberikan manfaat menambah umur seseorang, walaupun hanya sekitar 5 tahun.

Intinya olahraga apapun akan memperpanjang umur (Foto: Pexels/Isabella Mendes)

Olahraga umum lainnya seperti bersepeda meningkatkan harapan hidup selama 3,7 tahun, dan berenang 3,4 tahun. Yang mengejutkan ialah joging. Meskipun paling banyak difavoritkan kebanyakan orang, joging hanya dapat menambah umur sebanyak 3,2 tahun saja.

Namun, para peneliti juga mengingatkan, selain berolahraga masih ada lagi hal yang bisa memperpanjang umur seseorang. Cara yang satu ini lebih mudah ketimbang berolahraga. Bersosialisasi lah dengan orang banyak agar kamu panjang umur.

Penelitian lain dilakukan oleh Pusat Kesehatan Saint Luke di Kota Kansas yang berfokus terhadap gaya hidup dari 8.577 orang. Para peserta termasuk bagian dari studi jantung kota Kopenhagen yang telah dimulai sejak tahun 1975. Kisaran usia para peserta ialah 20-93 tahun

Hasilnya mereka yang mati muda adalah yang kurang berolagraga. Intinya olahraga apapun memang dapat memperpanjang umur siapapun.

Para pemain tenis biasanya kalangan atas (Foto: Pexels/Isabella Mendes)

Sebenarnya para peneliti belum mengetahui alasan paling tepat mengapa olahraga tenis dapat memperpanjang umur lebih lama dibandingkan olahraga lain. Padahal, interaksi sosial juga menjadi faktor yang penting. Ya, benar sekali olahraga tim dapat memberikan manfaat lebih baik karena adanya interaksi sosial sesama anggota tim.

"Meningkatkan detak jantungmu itu penting, tapi sepertinya berhubungan dengan orang lain juga,"ujar Dr. O'Keefe, kepala penulis penelitian tersebut. Karena itu Dr.O'Keefe menyarankan agar olahraga yang dilakukan sendiri seperti bersepeda dan jogging, sebaiknya dilakukan berdua, apalagi dengan pasangan lawan jenis.

Namun, Dr O'Keefe memiliki pendapat pribadi yang agaknya sedikit mengejutkan. Faktor yang bisa meningkatkan harapan hidup selain berolahraga ialah kekayaan, usia, dan pendidikan. Seperti diketahui, olahraga tenis termasuk salah satu olahraga mahal.

Dengan demikian, menurutnya orang yang bermain tenis panjang umur karena kebanyakan dari mereka ialah kalangan atas. Jadi mereka dapat dapat panjang umur karena tidak stres alias sangat berkecukupan, bukan semata-mata karena bermain tenis. (ikh)

Baca juga: Mau Panjang Umur? Latih Otot Kamu

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH