Main Film Baru, Iqbaal Ramadhan Lepas Karakter Dilan Iqbaal Ramadhan (Foto: MP/Albi)

AKTOR Iqbaal Ramadhan lebih dikenal dengan karakter Dilan dalam film Dilan 1990 atau Dilan 1991. Namun, dalam film terbarunya bertajuk Bumi Manusia, Iqbaal melepas karakter Dilan yang amat melekat pada dirinya. Dia memerankan karter Minke dalam film garapan sutradara Hanung Bramantyo itu.

Menurut Iqbaal saat ditemui di Epicentrum, Jakarta Selatan, ia berhasil melepas karakter Dilan. "Bisa. Karena syutingnya udah kelar. Kalau belum mati saya. Itu juga mungkin semua yang terlibat dalam film ini aware," ujarnya, Rabu (19/6).

Dia mengaku berusaha keras untuk melepas karakter Dilan. Meskipun teman-teman dan orangtuanya enggak melihat dia sebagai sosok Dilan dalam kehidupan nyata. "Saya aware sekali dibilang Dilan walaupun keluarga dan teman teman saya bilang Dilan dan Iqbal itu dua orang yang berbeda," tambahnya.

Lanjut Iqbaal penyebab karakter Dilan melekat pada dirinya. Karena film Dilan adalah film perdananya sejak vakum dari dunia hiburan. "Momennya adalah saya udah lama enggak di industri hiburan, lalu saya keluar dengan Dilan, dan itu jadi branding saya," kata aktor 19 tahun itu.

Iqbaal memerankan karakter Minke dalam film Bumi Manusia (Foto: MP/Albi)

Baca juga:

Ketika Iqbaal Ramadhan Masuk Angin, dan Vanesha Prescilla Enggak Berhenti Menangis

Iqbaal enggak menyalahkan jika banyak penggemar menganggapnya sebagai sosok Dilan. Akan tetapi, ia mengaku selalu mencoba melepas karakter anak remaja SMA tersebut dalam dirinya.

Sebab bagi Iqbaal, seorang aktor harus bisa memerankan berbagai macam jenis karakter. "Saya enggak mau selalu melekat dengan nama Dilan. Karena berakting itu imitating someone else life," ujarnya.

Terlebih lagi film Bumi Manusia diangkat dari sebuah buku sekelas karya Pramoedya Ananta Toer. Sehingga pastinya banyak orang yang sudah membaca buku tersebut.

Tentu para pembaca jadinya bisa membandingkan seperti apa karater Minke yang seharusnya diperankan Iqbaal dalam film. "Kebetulan lagi-lagi ini buku. Yang baca mungkin lebih banyak dari film saya sebelumnya," tukas Iqbaal Ramadhan. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH