Mahfud MD: Tidak Ada Masalah Perbedaan Agama di Masyarakat

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 17 April 2017
Mahfud MD: Tidak Ada Masalah Perbedaan Agama di Masyarakat
Mahfud MD (tengah). (Twitter/mohmahfudmd)

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai tidak ada persoalan perbedaan agama di kalangan masyarakat. Hal itu disampaikan Mahfud saat menjadi pembicara dalam dialog bertajuk "Kepemimpinan Bangsa Yang Bermartabat dan Berkeadilan" yang diselenggarakan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Jakarta, Senin (17/4) malam.

"Saya melihat di tingkat rakyat tidak ada masalah perbedaan agama," kata Mahfud MD.

Mahfud mengatakan persoalan yang belakangan muncul sebenarnya adalah persoalan tentang penegakan hukum. Mahfud menilai, masyarakat Indonesia merasakan ketidakadilan dalam penegakan hukum di tanah air.

"Masyarakat merasakan ketidakadilan, korupsi tidak selesai-selesai, orang terindikasi kuat korupsi bisa bebas. Persoalan penegakan hukum ini menyebabkan letupan-letupan," jelas Mahfud.

Mahfud menekankan, saat ini tanpa disadari sejatinya proses penguatan ikatan kebangsaan di Indonesia semakin kuat seiring bergulirnya era memilih kepala daerah secara langsung.

Dengan kondisi seperti itu, maka tidak ada koalisi dan oposisi partai politik yang permanen di Indonesia.

"Itu adalah manfaat yang tidak kita sadari, sekarang Gerindra boleh musuhan dengan PDIP dan Golkar di Jakarta, tapi di Jawa Timur mereka bersatu, ini kan bagus. Kita juga memiliki pers yang memiliki kebebasan mengontrol dan mendidik," jelas Mahfud.

Mahfud menyampaikan kebebasan memilih kepala daerah ini sejalan dengan pernyataan Bung Karno kala menetapkan Indonesia sebagai negara Pancasila yang berketuhanan dan berkeadilan.

"Negara Pancasila itu berketuhanan, mengakui dan melindungi semua agama. Bung Karno bilang kalau orang Islam ingin Indonesia negara yang Islami ya pilih pemimpin Islam, begitu juga kalau ingin gedung-gedung 'ber-letter' Kristen ya pilih pemimpin nonmuslim. Itu semua aspirasi, tidak boleh ribut karena itu," kata Mahfud.

Sumber: ANTARA

#Mahfud MD #Keberagaman
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan