Mahfud MD Sebut Banyak Ilmuwan Pesanan di Indonesia Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

MerahPutih.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan saat ini di tanah air banyak bermunculan ilmuan tukang yang bekerja berdasarkan pesanan, bukan memberikan penilain secara objektif sesuai dengan keilmuan yang dimiliki.

"Maksudnya adalah ilmuan yang memberikan dan mengeluarkan pendapat sesuai pesanan. Padahal, dalam konsep Islam ulama itu harus mampu mengkombinasikan pikir dan zikir," kata Mahfud MD di Banda Aceh, Selasa (10/1) malam, dilansir Antara.

Pernyataan itu disampaiakannya di sela-sela memberikan tausiah silaturrahmi dan syukuran Penganugerahan Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa (DR HC) kepada Adnan Ganto.

Ia menjelaskan cendikian dan pemikir Indonesia agar mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Adnan Ganto yang mendarmabaktikan diri dan ilmunya untuk bangsa dan negara.

"Adnan telah melakukan itu, memberikan pendapat secara objektif, tidak memuji tapi tidak pula menjatuhkan. Beliau memetakan dan mempelajari masalah secara objektif untuk kemudian memberikan solusi dan hal inilah yang menyebabkan posisi beliau tidak tergantikan meski rezim terus berganti," katanya.

Menurut dia, ilmuan itu tidak semata mengandalkan kemampuan berpikirnya tetapi juga menghadirkan zikir di hatinya dan hal tersebutlah yang akan mampu menjadikan seorang sebagai ilmuan yang ulil albab, yaitu ilmuan yang tidak semata berfikir tetapi juga berzikir atau mengingat Allah. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy