Mahfud MD Persilakan Rizieq Shihab Urus Sendiri Masalahnya dengan Arab Saudi Habib Rizieq Shihab saat jadi saksi kasus Ahok, Selasa (28/02). (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Menkopolhukam Mahfud MD meminta Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menyelesaikan sendiri masalahnya dengan Arab Saudi.

Mahfud menegaskan, pemerintah tak akan melakukan komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk membantu pemulangan Rizieq.

Baca Juga:

Lieus Sungkharisma Geram Saat Tahu Habib Rizieq Dibiarkan Terkatung-Katung di Arab Saudi

"Itu urusan dia dengan pemerintah Arab Saudi," kata Mahfud kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/11).

Mahfud MD saat datang ke Gedung KPK terkait pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) Penasihat KPK. (MP/Dery Ridwansah)
Mahfud MD saat di Gedung KPK. (MP/Dery Ridwansah)Caption

Menurut Mahfud, surat itu bukan surat pencekalan dari pemerintah Indonesia seperti yang diklaim sebelumnya oleh Rizieq. Pencekalan itu justru datang dari imigrasi Arab Saudi.

"Itu yang dikirim ke saya, itu bukan surat pencekalan. Bukan alasan pencekalan. Tapi surat dari imigrasi Arab Saudi bahwa Habib Rizieq nomor paspor sekian dilarang keluar Arab Saudi karena alasan keamanan," kata Mahfud.

Mahfud pun heran kenapa Rizieq mengklaim pemerintah Indonesia yang melakukan pencekalan.

Ia menegaskan, dalam surat dari Arab Saudi itu, tak ada penjelasan bahwa Rizieq dilarang keluar atas permintaan pemerintah Indonesia.

"Enggak ada penjelasannya. Gitu aja suratnya. Kan sama kamu mau masuk bandara, orang mau masuk bandara, lalu kamu dilarang keluar karena masalah ini, enggak ada penjelasannya. Gitu aja," kata dia.

Menurut dia, di surat itu hanya tertulis Rizieq dilarang meninggalkan Arab Saudi karena alasan keamanan. Namun, tak dijelaskan juga alasan keamanan apa yang membuat Rizieq dicekal.

"Itu berarti kan urusan dia dengan Arab Saudi, bukan urusan dia dengan kita. Kalau ada (surat pencekalan) yang dari kita, tunjukkan ke saya," sambung Mahfud.

Baca Juga:

212 Tanpa Rizieq Shihab, Lieus Sungkharisma: Enggak Jadi Itu Barang

Mahfud mengaku tak mengetahui persoalan apa yang membuat Habib Rizieq dicekal. Dia pun meminta Imam Besar FPI itu menanyakan langsung alasan pencekalan tersebut kepada pemerintah Arab Saudi.

Rizieq Shihab usai jadi saksi ahli agama Islam di sidang Aho, Selasa (28/2). (MP/Fadhli)
Rizieq Shihab usai jadi saksi ahli agama Islam di sidang Ahok, Selasa (28/2). (MP/Fadhli)

"Iya urus ke sana gitu lo. Kenapa dia dicekal. Kita enggak tahu juga. Saya sudah tanya semua sini, Menkum HAM, Polri, BIN, Menteri Luar Negeri ndak pernah mengeluarkan surat gitu. Terus surat di sana memang tidak menyebut alasan karena diminta oleh pemerintah Indonesia. Karena alasan keamanan," tutur Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud tak tahu pasti masalah Rizieq tak bisa keluar Saudi karena denda overstay atau waktu izin tinggal yang telah habis sejak 21 Juli 2018 lalu itu belum dibayar. Menurutnya, masalah denda overstay bukan jadi persoalan bagi Rizieq dan FPI.

Namun, Mahfud mengaku siap membantu jika memang masalah denda overstay menjadi halangan Rizieq untuk kembali ke Indonesia. Ia pun meminta Rizieq maupun kuasa hukumnya menyerahkan surat asli yang berisi pencekalan, jika memang ingin pemerintah bantu. (Knu)

Baca Juga:

Soal Habib Rizieq, Dirjen Imigrasi: Pemerintah Tak Berwenang Tolak WNI Pulang ke Indonesia



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH