Mahfud MD Minta Jokowi Panggil Pimpinan KPK Mantan Ketua MK Mahfud MD (MP/Asropih)

Merahputih.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD meminta Presiden Joko Widodo perlu memanggil para pimpinan KPK. Hal itu perlu agar Presiden maupun pimpinan KPK bertukar pendapat, konsultasi, serta berdiskusi mengenai nasib KPK kedepan.

"Apa salahnya dipanggil kan mereka mengatakan saya kok tak pernah diajak bicara tentang nasib KPK. Nah sekarang waktunya mereka diajak bicara dalam situasi seperti ini. Saya kira presiden cukup bijaksana untuk mengundang mereka," ujar Mahfud di Yogyakarta, Minggu (15/9).

Baca Juga:

Tak Ikuti Jejak 3 Kompatriotnya, Basaria Panjaitan Tetap Pimpin KPK

Seperti diketahui, 3 pimpinan KPK yakni Agus Rahardjo, Saut Situmorang dan Laode M Syarif mundur dan menyerahkan mandatnya kepada Presiden Jokowi.

Mantan ketua MK, Mahfud MD dalam acara halal bihalal dengan media di Jakarta, Rabu (Antaranews/Rangga)

Berdasar Pasal 32 Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002, orang yang mengembalikan mandat karena pensiun, meninggal dunia, atau karena mengundurkan diri.

Adapun KPK, sebagaimana dikutip Antara, bukan mandataris siapapun. Lembaga itu independen kendati berada di lingkaran kepengurusan eksekutif, namun bukan di bawah presiden.

Baca Juga:

Kritik Agus Rahardjo Cs, Haris Azhar: Lagi Lawan Gini Kok Tiba-Tiba Kabur

"Secara yuridis pengembalian mandat yang dilakukan pimpinan KPK tidak berarti KPK kosong karena lembaga antirasuah itu bukan mandataris presiden," tutup Mahfud. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH