Mahfud MD Jamin Pansel KPU-Bawaslu Bebas dari Kepentingan Politik

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 22 Oktober 2021
Mahfud MD Jamin Pansel KPU-Bawaslu Bebas dari Kepentingan Politik
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Pemerintah bertekad netral dan adil dalam urusan Pemilihan Umum (Pemilu). Salah satunya terkait Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dipilih orang-orang yang kredibilitasnya teruji dan berintegritas.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan, Pemilu harus dilaksanakan sesuai kalender konstitusi dan UU.

Baca Juga

Pansel Cari Orang Berintegritas Tinggi untuk Nahkodai KPU dan Bawaslu

"Ini sesuai perintah presiden, untuk membuat jadwal Pemilu sesuai UU dan jangan berpikir politik di luar itu," katanya kepada wartawan, Jumat (22/10).

Dia menjelaskan pembentukan panitia seleksi sesuai dengan kalender konstitusional yang berbunyi bahwa 2024 akan ada pemilihan Legislatif, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah, di tahun yang sama.

Kemudian pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden yang baru.

"Juga dalam kalender konstitusi, KPU dan Bawaslu harus sudah diganti pada 11 April 2022," ungkapnya.

Ilustrasi DPT Pemilu (ANTARA)
Ilustrasi DPT Pemilu (ANTARA)

Mahfud juga mengimbau masyarakat yang ingin mengabdi kepada bangsa, supaya ikut seleksi anggota KPU dan Bawaslu.

"Negara membutuhkan calon anggota KPU dan Bawaslu yang mumpuni untuk tugas besar Pemilu 2024," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Sementara itu Ketua Tim Seleksi, Juri Ardiantoro mengatakan, Tim Seleksi bertemu dan berdiskusi dengan Mahfud untuk update perkembangan tahapan seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027.

“Kami sudah memberitahukan bahwa sekarang masa pendaftaran sejak 18 oktober 2021 lalu hingga 15 November 2021. Tahap berikutnya sampai nanti 7 januari 2022, kami harus meyelesaikan seluruh tahapan seleksi,” ujarnya.

Juri mengatakan bahwa Tim Seleksi akan berkoordiansi dengan beberapa Kementerian dan Lembaga yang punya infrastruktur untuk profiling dan tracking seluruh calon anggota.

Agar orang-orang yang terpilih tidak punya masalah sebelumnya, yang dapat mengganggu kedudukan dan kinerjanya nanti.

Diketahui dalam audiensi tersebut dihadir 7 dari 11 anggota, antara lain Ketua Tim Seleksi, Juri Ardiantoro dan Wakil Ketua Tim Chandra Hamzah. Tiga orang berhalangan karena masih berada di luar kota. (Knu)

Baca Juga

Tim Pansel Anggota KPU-Bawaslu Susun Kode Etik

#Mahfud MD #Pemilu
Bagikan
Bagikan