Mahfud MD Ajak Masyarakat Cermati Janji Pasangan Capres-Cawapres Mahfud MD. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Tinggal sehari lagi babak debat capres-cawapres akan segera dimulai. Pada Kamis 17 Januari esok, pasangan calon Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi akan melakukan debat pertama untuk Pilpres 2019.

Terkait dengan debat capres tersebut, bagaimana publik atau masyarakat harus menyikapinya? Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD mengajak masyarakat untuk mencermati janji capres-cawapres dalam debat besok.

"Cermati apa yang dijanjikan para capres, terutama dalam pemberantasan korupsi dan penyelesaian kasus hak asasi manusia (HAM) serta terorisme," ujarnya di sela diskusi dengan media di Surabaya, Selasa (15/1) malam.

Debat tahap pertama yang digelar Komisi Pemilihan Umum tersebut bertemakan tentang hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Pakar hukum tata negara Mahfud MD
Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Menurut mantan Ketua MK itu, efek dari debat calon presiden akan mempengaruhi masyarakat, meski tidak banyak, sebab saat ini lebih dari separoh warga di Tanah Air sudah menentukan pilihan.

Kendati demikian, kedua calon presiden dipastikan telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena sadar tentang pengaruhnya terhadap masyarakat.

"Saya yakin debat sudah dipersiapkan sangat baik oleh dua capres, dan pasti tidak ada yang jelek. Lalu, tinggal rakyat memilih lebih menyetujui strategi capres siapa yang lebih tepat," ucapnya.

Sementara itu, tentang polemik kisi-kisi yang disampaikan sebelum debat, Mahfud MD sebagaimana dilansir Antara tak mempermasalahkan, sebab diberikan atau tidak sama saja karena kedua capres telah menyiapkannya.

"Kalau saya pribadi menilai tak masalah. Mahasiswa sebelum ujian saja sudah diberikan silabusnya," kata Mahfud yang juga tokoh nasional kelahiran Sampang, Madura tersebut.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Gerindra Yakin Kasus Penculikan Aktivis 98 Tak Akan Gerus Elektabilitas Prabowo



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH