Mahasiswa Unusa Ini Buat Jilbab K-Pop untuk Tenaga Medis

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 22 Oktober 2020
Mahasiswa Unusa Ini Buat Jilbab K-Pop untuk Tenaga Medis
Salah satu perwakilan empat mahasiswa UNUSA yang berhasil membuat kerudung K-Pop untuk.tenaga medis. (Foto: Ist)

EMPAT mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dari Program Studi S1 Keperawatan ( Firnanda Erindia, Mas Syahdan Filsafan, Nisa Wahyu Dika Mila Sari dan Ifah Nurdiana) ciptakan jilbab K-Pop untuk mempermudah tenaga medis menjalankan aktifitasnya.

Diberi nama K-Pop alias Kerudung Stetoskop. K-Pop merupakan kerudung yang didesain khusus berlubang pada bagian telinga untuk memudahkan tenaga medis saat menggunakan stetoskop.

Baca juga:

Rilis Gaun Tartan Seharga Rp38 Juta, Gucci Tuai Kritikan

K-Pop ini hasil kreasi dari pengalaman pribadi salah satu anggota, yakni Firnanda Erindia yang waktu itu merasa sulit menggunakan statoskop.

Terinspirasi dari pengalaman pribadi. (Foto: Pixabay/StockSnap
Terinspirasi dari pengalaman pribadi. (Foto: Pixabay/StockSnap

"Saat saya magang di rumah sakit sangat kesulitan ketika menggunakan alat stetoskop jika memakai kerudung. Jadi, saya membuat K-pop ini untuk memudahkan saat memeriksa pasien," tandas Nanda saat dikonfirmasi, Kamis (22/10).

Nanda menjelaskan, K-Pop atau kerudung berlubang dua pada tempat eartips serta kantong untuk meletakan diafragma stetoskop. Sebab dokter dan perawat yang berkerudung bisa leluasa mendengar dengan jelas detak jantung ketika memeriksa pasien dikala menggunakan stetoskop.

Baca juga:

Brand Fesyen Mewah Ini Jual Wearpack 'Kotor' Seharga Rp10 juta, Tertarik?

"Desain lubang kuping pada K-Pop yang kami rancang agar tidak terlihat sehingga dapat digunakan setiap hari. Jadi, yah bisa untuk kegiatan sehari hari," tegas Nanda.

Ilustrasi petugas medis menggunakan stetoskop. (Foto: Pixabay/voltamax)
Ilustrasi petugas medis menggunakan stetoskop. (Foto: Pixabay/voltamax)

Sementara itu, saku tempat diagfragma juga fleksibel. Sehingga tidak mengganggu jika perawat atau dokter akan menggunakan stetoskop.

"Lantaran inovasi ini, Nanda dan kawan-kawan lolos Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan yang digelar Unusa. (Andika Eldon/Surabaya)

Baca juga:

Jennifer Lopez Rancang Tas 'The Hutton Bag' untuk Coach

#Aksesoris Kerudung #Tenaga Medis
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan